Implementasi Sistem Demokrasi, MAN 2 Bengkulu Utara Sukses Gelar Pemilihan OSIM

Bengkulu Utara (humas) - Pemilihan Ketua (OSIM) di MAN 2 Bengkulu Utara telah sukses digelar dan menghasilkan Ketua OSIM periode 2024-2025 yakni calon nomor urut 1 yaitu Novita ike Sholehah kelas XI MIA, Kamis (1/02/2024)

Semua warga MAN 2 Bengkulu Utara diharapkan menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga tidak ada kecurangan. Pembina OSIM dan Panitia pelaksanaan memastikan proses demokrasi bisa berjalan dengan lancar.

Banyak hal positif yang diharapkan dapat dipetik melalui kegiatan tersebut, diantaranya bisa membekali peserta didik berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Selain itu, peserta didik menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan Ketua OSIM dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab. 

Kepala MAN 2 Bengkulu Utara, Nurhasiah, S.Sos.I, M.Pd, mengatakan pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIM kali ini mengadopsi sistim pemilihan langsung dengan menerapkan sistim demokrasi langsung.

“Kami melaksanakan pemilihan pengurus OSIM karena kepengurusan sudah berakhir. Pemilihan kali ini untuk kepengurusan Tahun 2024-2025".

Semua warga madrasah terlibat aktif dalam setiap proses hingga pencoblosan. Ada 5 bilik suara disediakan, para guru dan staf tata usaha sekolah juga ikut mencoblos kandidatnya.  

"Kami mau mengajari tentang demokrasi ke peserta didik kami. Calon Ketua terdiri dari 3 calon Ketua OSIM. Ketiganya sudah ikut seleksi administrasi, wawancara, kampanye visi misi dan debat,”ujar Nurhasiah menjelaskan. 

Lebih lanjut ia menjelaskan peran penting OSIM dalam membantu kesuksesan kegiatan-kegiatan di madrasah. “OSIM fungsinya sangat vital karena hampir semua kegiatan di madrasah, OSIM yang terlibat. Berhasil atau tidaknya kegiatan di sekolah tergantung peran OSIM,"imbuhnya.

Perhitungan suara segera dilaksanakan di Lapangan serbaguna MAN 2 Bengkuku Utara setelah pemungutan suara berlangsung. Hasilnya, dimenangkan oleh calon nomor urut 3 yakni Novita Ike Sholehah, memperoleh 67 suara.

Pembina Osim, Dewi Yuliana berpesan kepada Ketua OSIM yang terpilih agar dapat menjalankan amanah serta menjadi teladan sehingga mampu mewujudkan program OSIM yang lebih baik dan mampu menjadi teladan bagi siswa lain. “OSIM akan mampu membangun kepemimpinan baru yang berkarakter, sehingga akan muncul pemimpin muda yang berkepribadian positif dan kreatif, pribadi yang optimis, dan pribadi yang toleran,” pesan Dewi.                                            


TERKAIT

Berita LAINNYA