Kepahiang MAN 2 (Humas) – Dalam rangka meningkatkan pelayanan yang berdasarkan standar operasional prosedur (SOP) di lingkungan MAN 2 Kepahiang mengirim Tim, yakni Werian Ahmadi dan Ernaningsih untuk mengikuti penyusunan standar pelayanan yang berlangsung di Aula Kemenag Kab. Kepahiang, Rabu 28/2.
Ka. Kemenag Kab. Kepahiang Drs. Albahri, M.Si menyampaikan bahwa melayani masyarakat harus maksimal. Untuk menuju pelayanan yang baik. Tentunya harus ada pedoman sebagai acuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pedoman tersebut salah satunya yaitu SOP, selain itu semua Satker wajib mengisi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Zona Integritas (PMPZI) salah satunya SOP.
Ketua Pengaduan Masyarakat (Dumas) Kemenag Kepahiang Zulfakar, S.Ag mengajak para Tim dari masing-masing Satker di bawah naungan Kemenag Kepahiang, baik KUA maupun madrasah untuk membuat SK Tim penyusun SOP. “Karena SOP merupakan serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan di unit, bagaimana, dan kapan harus dilakukan. Di mana dan oleh siapa dilakukan. Sehingga jelas apa tujuannya, jangan memberi solusi kalau bukan bidangnya,” jelas Zul.
“Muaranya memberi pelayanan yang prima, sehingga meraih kepuasan kepada yang dilayani. Melalui prosedur yang dibakukan. SK Tim SOP dibuat untuk yang dilayani dan yang melayani masyarakat. Alur harus komitmen sesuai yang dilayani di MAN 2 Kepahiang,” tambah Zul.
Perwakilan Humas Kemenag Kepahiang Bellah salsabillah Alfazein, S.M menyampaikan bahwa kegiatan Humas untuk sementara fokus pada pembuatan berita. “Sesuai fungsinya, Humas menyebarkan informasi dan data. Berita harus kuantitas, yakni banyaknya berita yang dibuat. Selain itu berita juga harus berkualitas, yakni berita harus memenuhi standar sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu penggunaan huruf, standar pengiriman foto menggunakan rasio 16,9 atau landscape, dengan format hd,” jelas Bella.
Dengan telah mengikuti cara penyusunan SOP, Darwin berharap semoga MAN 2 Kepahiang tidak terkendala lagi dalam penyusunanya. Sehingga setiap tangkai pelayanan akan dibuat SOP dan siap diluncurkan sebagai salah satu eviden PMPZI. Karena MAN 2 Kepahiang terpilih sebagai salah satu madrasah yang berhasil lolos ke tahap berikutnya. Erna