Gelar Rakor, PAI KUA Singaran Pati : 'Kita Harus Proaktif, Deteksi Isu Berpotensi Perpecahan

Mantapkan Program Kerja, PAI KUA Kecamatan Singaran Pati Gelar Rakor.

Kota Bengkulu (Humas) --- Penyuluh Agama Islam (PAI) wilayah kerja Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Singaran Pati mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor). Kamis, (22/8/2024). Rakor antar Penyuluh dipimpin langsung oleh Hj. Elly Agustina, S.Pd.,M.T.Pd. selaku Penyuluh Fungsional sekaligus Koordinator Penyuluh pada wilayah Kecamatan Singaran Pati.

Sebagai garda terdepan dari Kementerian Agama, Penyuluh dituntut dapat memenuhi kebutuhan umat, untuk itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan kinerjanya. Untuk itu, sebagai upaya pemantapan kinerja Penyuluh Agama di Kecamatan Singaran Pati perlu dilakukan kordinasi untuk memantapkan gerakan.

Dalam rapat koordinasi itu Hj. Elly Agustina, S.Pd.,M.T.Pd. menyampaikan dan menegaskan beberapa hal :

1. Tentang teknis pembuatan laporan kinerja Penyuluh, baik harian, mingguan dan bulanan;

2. Mensosialisasikan secara berkelanjutan instruksi Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bengkulu kepada jama’ah Majelis Ta’lim tentang pemahaman-pemahaman dalam menjalankan kewajiban sebagai muslim muslimah yang baik, berorientasi berpikir cerdas serta pahami tentang protokol Kesehatan.

3. Melaksanakan pendampingan pada pelaku usaha dalam mendapatkan Sertifikat Halal

4. Memperkuat kerjasama antar Penyuluh yang ada di kecamatan.

5. Penyuluh Kecamatan Singaran Pati siap mengawal program Kemenag Kota Bengkulu ke depan, insya ALLAH.

Program Sertifikasi Halal diidentifikasi sebagai salah satu program prioritas, mengingat pentingnya memberikan jaminan produk halal kepada masyarakat yang mayoritas muslim. Pembinaan majelis taklim juga menjadi perhatian, dengan tujuan untuk memperkuat jaringan pendidikan dan dakwah di tingkat masyarakat. Selain itu, rapat ini juga menekankan pentingnya mitigasi terhadap potensi konflik keagamaan di wilayah-wilayah rawan.

"Para Penyuluh Agama Islam diinstruksikan untuk lebih proaktif dalam mendeteksi dan menangani isu-isu yang berpotensi menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat, guna menjaga kerukunan dan kedamaian di Kecamatan Singaran Pati Khususnya dan Kota Bengkulu umumnya". Pungkas Elly. (Ekowan/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA