Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, MTs Negeri 1 Seluma Integrasikan dengan Projek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin

Seluma (Humas)- MTs Negeri 1 Seluma menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw  pada Jumat (29/9/2023). Acara tersebut diselenggarakan di Masjid Babul Ilmi  MTsN 1 Seluma. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan pegawai MTs Negeri 1 Seluma. Kegiatan tersebut juga diintegrasikan dengan Projek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka.

Tampak seluruh siswa-siswi sangat antusias mengikuti acara tersebut. Sejak pukul 08.00 wib mereka sudah berkumpul di Masjid Babul Ilmi  MTsN 1 Seluma. Begitu juga dengan seluruh petugas, mereka sangat bersemangat dan percaya diri tampil di tengah-tengah undangan dan warga madrasah. Alunan suara Tilawah yang merdu dibawakan oleh ananda Tasya Ramadhani menambah syahdu acara itu. Begitu juga lagu-lagu sholawat indah yang dibawakan oleh siswa-siswi MTsN 1 Seluma menambah semarak dan meriah acara itu. Suasana hening dan haru menyelimuti ketika salah seorang siswa MTsN 1 Seluma membawakan monolog kisah Rasalullah Saw dan Pengemis Tua yang buta. Seluruh hadirin seakan terhitnotis ketika mendengarkan kisah yang bawakan oleh Nayshella Kiara Teca.

Puncak acara tersebut diisi dengan tausyiah yang disampaikan oleh ustadz Dodi Umartin, S.Pd.I., yang merupakan alumni MTsN 1 Seluma angkatan 2003. Ustadz Dodi juga memberikan motivasi kepada seluruh siswa-siswi MTsN 1 Seluma agar tetap semangat dalam belajar serta menjaga akhlak kepada Bapak/Ibu guru.

Dalam ceramahnya beliau berpesan agar kita dapat mengambil hikmah dibalik perigatan maulid Nabi ini. “Hikmah yang bisa kita ambil dari peringatan maulid Nabi ini adalah: Kita harus bergembira dengan kelahiran Nabi, memperbanyak membaca sholawat agar kita mendapat syafaat, meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah, menjadikan Nabi idola dan panutan dalam hidup, serta mengamalkan sifat terpuji dan meneruskan perjuangan Nabi.” Ujar Dodi.

Kepala MTsN 1 Seluma Isrul Aswanto, S.Pd., mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diintegrasikan dengan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin adalah agar pelajar menjadi lebih semangat dan memiliki karakter yang baik sesuai dengan  Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin.

"Rasulullah adalah sosok manusia sempurna yang yang lemah lembut dan penuh kasih sayang terhadap sesama. Maka kegiatan ini sejalan dengan Profil Pelajar Rahmatan lil ' Alamin. Untuk itu saya minta kepada seluruh siswa agar benar-benar menyimak uraian materi yang disampaikan ustadz dengan sungguh-sungguh, silakan dicatat dan buat ringkasannya." Tutup Isrul. (Eka/HW)


TERKAIT

Berita LAINNYA