Bimbing TPQ Ar-Rohman Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan Ajak Anak-Anak Hapalkan Do'a Qunut dan Praktek Sholat

Seluma (Humas) - Nikma Nur Rohma, S.H.I seorang Penyuluh Agama Islam dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan aktif membimbing Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Ar-Rohman di desa Tawang Rejo. Dalam kegiatannya, Nikma mengajak anak-anak untuk menghafal do'a Qunut dan doa praktek sholat. Minggu, 01/09/2024

Seperti biasanya Kegiatan Belajar mengajar di TPQ Ar-Rohman dilaksanakan di musholla Ar-Rohman setiap Malam sabtu sampai malam kamis bertempat di TPQ Ar-Rohman Desa Tawang Rejo, Kegiatannya di antaranya membaca Al-Qur’an dan kultum singkat dengan tema seputaran tentang keislaman, dan biasanya dihadiri oleh kurang lebih 20 orang yang terdiri dari 2 Ustad/ Ustazah. Anak-anak di TPQ ini belajar membaca mulai tingkat Iqro’, Juz Ama, hingga Al-Qur’an di sertai belajar hapala Do'a dan praktek sholat.

Dengan semangat yang tinggi Nikma  memberikan bimbingan intensif agar anak-anak tidak hanya pandai membaca Al-Qur'an, tetapi juga menghafal doa-doa yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan juga do'a Qunut serta mempraktekan sholat Fadhu. Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat karena mampu menanamkan nilai-nilai agama sejak dini pada anak-anak.

"Tujuan utama kami adalah membentuk generasi yang berakhlak mulia dan memiliki pemahaman agama yang kuat," kata Nikma. "Dengan menghafal doa Qunut dan praktek sholat anak-anak diharapkan dapat lebih dekat dengan Allah dan selalu ingat untuk berdoa dalam setiap sholat Subuh mereka."

Sebelum kegiatan di tutup Nikma memberikan kuis atau beberapa pertanyaan yang wajib di jawab oleh para santri, kuis ini salah satu strategi yang diberikan oleh Penyuluh Agama Islam KUA Air Periukan Nikma Nur Rohma,S.HI, Kuis ini adalah suatu bentuk permainan atau olah raga pikiran di mana para pemain berusaha menjawab pertanyaan dengan benar, itu adalah penilaian singkat yang digunakan dalam bidang pendidikan untuk mengukur pertumbuhan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan seseorang. Dalam kesempatan ini terdapat 3 pemenang yaitu Rasya, Fifah dan Kayla yang mampu menjawab pertanyaan dari penyuluh dan hadiah nya langsung diberikan pada malam tadi.

Selaku Kepala KUA kecamatan Air Periukan Harun, S.Ag, MH. Juga memberikan tanggapannya bahwa Program bimbingan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian  KUA kecamatan Air Periukan melalui Penyuluhan Agama Islam dalam mendukung pendidikan agama di masyarakat, Harun juga menjelaskan Melalui TPQ Ar-Rohman kami berharap dapat terus menyebarkan semangat belajar Al-Qur'an dan memperkuat iman generasi muda, Tutup Harun.(Naf/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA