kemenag

Bentuk Karakter Siswa, MIN 3 BS Biasakan Sholat Dhuha dan Pembacaan Surah Pendek

Bengkulu Selatan (Humas) - Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada pagi hari, dimulai ketika matahari mulai terbit hingga sampai sebelum masuk waktu dzuhur. Pembiasaan sholat dhuha sangat baik untuk dilaksanakan disetiap satuan pendidikan. Melalui pembiasaan sholat dhuha akan membangun karakter religius dalam diri siswa madrasah. Untuk itulah Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 3 Bengkulu Selatan menjadikan sholat dhuha berjamaah ditambah pembacaan surah pendek, sudah menjadi kegiatan rutinan siswa dan guru madrasah pada pagi hari di dalam ruangan Musholla MIN 3 BS, Selasa (08/10/2024).

Pelaksanaan kegiatan sholat dhuha dan pembacaan surah pendek di MIN 3 BS dimulai pukul 07.00 s/d 07.30 WIB. Teknis kegiatannya diawali dengan sholat dhuha berjama’ah dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pembacaan surah-surah pendek serta diakhiri dengan kegiatan bersalam-salaman yang dilakukan oleh siswa dan dewan guru.

Kepala Madrasah Aslianah, M.Pd.I memberikan apresiasi kepada dewan guru dan semua siswa atas terus terlaksananya kegiatan rutinan tersebut.

“Tiada kata yang dapat saya ucapkan selain ucapan terima kasih kepada bapak ibu dewan guru dan seluruh siswa yang terus bersemangat dalam melaksanakan kegiatan rutinan yang dibuat di MIN 3 BS yakni pelaksanaan sholat dhuha berjamaah, pembacaan surah-surah pendek dan kegiatan keagamaan lainnya”

Kemudian lebih lanjut kepala madrasah menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut.

“Kegiatan rutinan yang telah kami buat ini tentunya sejalan dengan visi dan misi madrasah, kegiatan ini juga memiliki tujuan yakni untuk membentuk karakter siswa agar terbiasa rajin menjalankan sholat sunnah dan mampu membaca dan menghafal doa-doa selesai sholat serta surah-surah pendek dalam Al-Qur’an,” papar Aslianah.

Dilain kesempatan Nohidin Supli, S.Pd, selaku pembina agama di MIN 3 menyampaikan selama pelaksanaan kegiatan sholat dhuha berjamaah dan pembacaan surah-surah pendek berlangsung semua siswa kami mengikuti dengan khidmat dan tertib. 

"Semoga kami semua terus diberi kekuatan untuk terus menjalankan kegiatan rutinan ini serta menjadi sarana untuk mendapat rahmat dan berkah dari Allah SWT," harap Nohidin. (Pipin/Toni)


TERKAIT

Berita LAINNYA