Asyik dan menyenangkan, Guru MTsN 2 Rejang Lebong Ajak Siswa Belajar di Luar Kelas

Rejang Lebong (HUMAS) ---- Pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia di MTsN 2 Rejang Lebong kali ini berbeda dari biasanya.  Fitria Sandra, S.Pd., guru Bahasa Indonesia kelas VII, memutuskan untuk membawa para siswa keluar kelas guna mengamati langsung tentang teks deskripsi di lingkungan madrasah. Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat menelaah teks deskripsi tentang sebuah objek, sebuah metode pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan.

Kegiatan yang diadakan pada Rabu (18/9/2024) ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7B. Dengan penuh antusias, para siswa berkeliling halaman madrasah dan mencatat berbagai jenis objek yang dapat dideskripsikan. Fitria Sandora berharap bahwa dengan mengamati langsung, siswa dapat lebih mudah memahami tentang teks deskripsi, serta mengetahui contoh-contoh teks deskripsi. 

Fitria mengungkapkan bahwa kegiatan di luar kelas ini merupakan bagian dari inovasi dalam proses pembelajaran. “Kami ingin menciptakan suasana belajar yang berbeda agar siswa tidak merasa jenuh. Selain itu, dengan belajar di luar kelas, mereka bisa melihat langsung objek yang dipelajari, sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan bermakna,” jelasnya.

Salah satu siswa, Khalifah Al Kahfi, menyatakan rasa senangnya terhadap pembelajaran di luar kelas ini. “Saya merasa senang dan bersemangat mengikuti pembelajaran seperti ini. Hal ini bisa mengurangi rasa bosan karena setiap hari harus belajar di dalam kelas,” ujar Kahfi panggilan aktrabnya. Menurutnya, metode pembelajaran yang melibatkan observasi langsung seperti ini lebih menarik dan membuat materi yang dipelajari lebih mudah dipahami.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa MTsN 2 Rejang Lebong dapat lebih memahami konsep tentang teks deskripsi, terutama tentang contoh-contohnya secara nyata. Ke depannya, Fitria berencana untuk terus mengadakan pembelajaran luar kelas dengan topik-topik lain agar siswa semakin antusias dalam belajar. (apriliandi)


 


TERKAIT

Berita LAINNYA