Antusiasme Masyarakat dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Air Kati

REJANG LEBONG (HUMAS)--- Maulid Nabi Muhammad SAW, yang merayakan hari kelahiran Rasulullah SAW, dipenuhi dengan kegiatan yang penuh warna di Kecamatan Padang Ulak Tanding. Acara ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga kesempatan untuk mendalami hikmah dan nilai-nilai keagamaan yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Menurut buku Al-Akhbar oleh Ir. Tebyan A Maari Machalli, istilah "Maulid" atau "Milad" berarti hari lahir dalam bahasa Arab. Maulid Nabi adalah hari spesial untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, dan merupakan waktu yang penuh berkah untuk mengingat ajaran-ajaran beliau.

Di Desa Air Kati, perayaan ini dipandu oleh PAI Padang Ulak Tanding Ibu Wahyuni yang juga selaku ketua pelaksana PHBI, dengan berbagai perlombaan yang dirancang khusus untuk anak-anak. Kegiatan lomba meliputi lomba Adzan, hafalan surat pendek, dan Tartil Quran, yang diikuti oleh 45 peserta cilik. Dewan juri yang dipimpin oleh Bapak Asep Rasmita, Imam Desa Air Kati, dan anggota juri lainnya, memberikan penilaian yang ketat untuk memilih juara dalam setiap cabang perlombaan.

PJs Kades Desa Air Kati, Bpk. Endang Sulpiadi S. Ip, mengungkapkan kegembiraan atas antusiasme masyarakat yang luar biasa. Banyak peserta didampingi oleh orang tua dan keluarga, menunjukkan dukungan dan kebanggaan mereka. Bpk. Endang berharap kegiatan ini tidak hanya mempererat kecintaan anak-anak terhadap ajaran Nabi Muhammad SAW tetapi juga membantu mencegah kenakalan remaja, di tengah meningkatnya kasus pembegalan dan pencurian.

Dengan harapan besar agar acara serupa dapat terus berlangsung di masa depan, diharapkan anak-anak semakin mendalami ajaran Nabi dan menunjukkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.(haikal)


TERKAIT

Berita LAINNYA