227 CJH Rejang Lebong Resmi Dilepas

CJH Rejang Lebong berdoa bersama, ketika menjelang berangkat ke Asrama Haji Kota Bengkulu

REJANG LEBONG (HUMAS) --- Sebanyak 227 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Rejang Lebong resmi dilepas di Masjid Agung Baitul Makmur, pada Senin (12/06/2023). Hadir langsung melepas secara resmi Bupati RL, Drs.H.Syamsul Effendi, M.M didampingi Wakil Bupati, Hendra Wahyudiansyah, S.H, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, H. Lukman, S.Ag., M.H beserta jajaran.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 189 Tahun 2023 Tentang Kuota Haji Indonesia Tahun 1444 H/2023 M, untuk Kabupaten Rejang Lebong mendapatkan Kuota Jamaah Haji sebanyak 221 Orang dan Prioritas Lansia 6 Orang, dan 1 Orang Petugas Haji dari Kementerian Agama dan 1 Orang Petugas Kesehatan.

“Kami sampaikan bahwa Jamaah Haji yang siap diberangkatkan pada tahun ini berjumlah 227 Orang, dan terdapat 1 Orang Jamaah Haji yang melakukan mutasi keberangkatan ke Embarkasi Batam, sehingga yang diberangkatkan pada hari ini sebanyak 226 Orang Jamaah Haji. Dengan rincian sebanyak 97 Orang Jamaah Laki-laki dan 130 Orang Jamaah Perempuan. Tahun ini Jamaah Haji tertua asal Rejang Lebong berumur 93 Tahun dan termuda berumur 29 Tahun” ungkap Lukman.

Kakan juga dalam laporannya menyampaikan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong telah melaksanakan Manasik Haji sebanyak 10 kali pertemuan, terdiri dari 2 kali pertemuan tingkat kabupaten dan 8 kali tingkat kecamatan. Dengan harapan Jamaah Haji Rejang Lebong benar-benar dapat melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci dengan tertib, aman dan lancar serta sempurna.

Terakhir Kakan Kemenag menyampaikan ucapan selamat serta menitipkan harapan untuk seluruh Jamaah Haji yang akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Bengkulu. “Selamat jalan para dhuyufurrahman para tamu Allah, selamat menunaikan Ibadah Haji, semoga menjadi Tamu Allah yang dapat menjaga nama baik Daerah, Bangsa dan Negara serta mendoakan semua yang ditinggalkan di tanah kelahiran untuk dapat menyusul bapak ibu serta saudara saudari untuk menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurah”  harap Kakan

Dikesempatan yang sama, Bupati RL Drs.H.Syamsul Effendi, M.M juga menyampaikan apresiasi atas telah terlaksananya Manasik Haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 10 kali dan dalam kesempatan ini Bupati  juga menyampaikan pesan dan harapan kepada seluruh Jamaah Haji.

“Istirahat itu sangat penting, waktunya istirahat harus istirahat karena itu salah satu bentuk kita untuk menjaga kesehatan selama di tanah suci, sesama Jamaah untuk saling tolong-menolong, bahu-membahu satu sama lain dan jaga nama baik Daerah maupun nama baik Bangsa ” tuturnya

Acara Pelepasan Keberangkatan Jamaah Haji ini turut dihadiri Ketua DPRD, Unsur FKPD, Ketua MUI, Ketua Tim Penggerak PKK dan DWP, Kepala Dinas Instansi  Vertikal dan Otonom, Pimpinan BPS BPIH, Kabag Kesra Setda, Ketua IPHI, Para Camat, Kepala KUA dan Madrasah serta seluruh Jamaah Haji. (ERT)


TERKAIT

Berita LAINNYA