MIN 4 Mukomuko Implementasikan Platform Jelajah Ilmu dalam Pembelajaran Matematika

Mukomuko (Humas) - - -  Jum’at (16/02/2024) Siswa kelas VI MIN 4 Mukomuko menerapkan pengunaan  platform digital pembelajaran “Jelajah Ilmu”. 

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, perkembangan teknologi juga semakin  maju dan memasuki era digital dimana semua informasi dapat dengan mudah dan cepat untuk  diperoleh dan disebarluaskan. Guru digital dan peserta didik digital adalah istilah yang merujuk  pada penggunaan teknologi digital dalam proses belajar-mengajar.

Guru dan peserta didik dapat menggunakan platform digital dengan bijak dan tepat guna untuk  mendukung peningkatan literasi digital dalam perkembangan belajar di abad 21. Guru digital harus  mampu menempatkan dirinya sebagai seorang fasilitator yang membuka kesempatan pada peserta  didik untuk dapat belajar di mana saja, kapan saja dan dari berbagai sumber pembelajaran digital.  Sementara itu, peserta didik digital adalah peserta didik yang mampu menggunakan dan  memanfaatkan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman dengan bijak untuk memaksimalkan  potensi dan perkembangan dirinya. 

Jelajah Ilmu merupakan sebuah platform LMS pembelajaran terlengkap dan terbaik untuk  sekolah, menawarkan solusi pendidikan yang komprehensif yang dapat dimanfaatkan bagi pelaku  pendidikan mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Peserta Didik hingga Orang Tua. Jelajah Ilmu  Academy program Acer For Education yang berfokus pada perwujudan transformasi digital  pendidikan di Indonesia. 

Pada kegiatan pembelajaran Matematika kali ini siswa kelas VI didampingi oleh Ibu Marlina, S.Pd.  dan Ibu Eta Yarni, S.Pd, Gr. Setiap peserta didik dapat mengakses platform jelajah ilmu dengan  memasukan email dan paswoord yang sudah tersedia di papan tulis dan peserta didik dapat  mengakses e-book, lembar ujian, soal latihan dan diskusi obrolan grup di laman tersebut. 

Tentunya Kepala Madrasah Ibu Masita Harahap, S,Pd sangat mendukung dengan adanya  pengembangan digital dan penerapan teknologi digital berbasis platform ini, walaupun mengalami  hambatan seperti sinyal yang kurang memadai. Namun, semangat guru untuk mengembangkan  dan mempelajari media dan alat pembelajaran dapat diacungi jempol. 

Pembelajaran diera digital ini memungkinkan peserta didik mampu memperoleh informasi dari  berbagai penjuru dunia dengan cepat dan mudah. Pada pembelajaran era digital ini telah  menggeser pembelajaran yang dahulu berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat  pada peserta didik (student centered). Pada era digital ini guru bukan lagi menjadi satu-satunya  sumber belajar melainkan sebagai fasilitator yang membimbing dan mengarahkan peserta didik di  kelas.

 


TERKAIT

Pendidikan LAINNYA