Wujudkan Lingkungan MTS N 1 RL Bebas Rokok, Puskesmas PUT Lakukan Screening

Puskesmas PUT saat melakukan screening kepada siswa MTS N 1 RL

REJANG LEBONG (HUMAS) ------ Puskesmas Padang Ulak Tanding menyelenggarakan kegiatan yang tak hanya informatif tetapi juga interaktif di MTs Negeri 1 Rejang Lebong. Dalam upaya menanggulangi perilaku merokok di kalangan Anak Usia Sekolah, khususnya di tingkat Kelas 7, petugas Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas Padang Ulak Tanding melakukan proses screening yang menarik perhatian banyak pihak.

Drs. Iswan, Wakil Kepala MTs Negeri 1 Rejang Lebong, memberikan sambutan positif terhadap kegiatan ini, mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya preventif yang dilakukan Puskesmas. "kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Puskesmas Padang Ulak Tanding dalam memberikan edukasi kepada para siswa mengenai bahaya merokok," ujar Drs. Iswan.

Kegiatan dimulai dengan edukasi mendalam tentang risiko merokok dan penggunaan smoke analyzer untuk mengukur kadar CO di dalam paru-paru peserta didik. Meskipun ada beberapa kendala teknis terkait pengaturan nafas saat pelaksanaan screening, hasilnya masih mampu memberikan gambaran bahwa para peserta didik berada dalam zona hijau. Artinya, mereka masih aman dari ancaman menjadi perokok aktif di zona orange atau merah.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan peserta didik MTs Negeri 1 Rejang Lebong dapat mempertimbangkan untuk berhenti merokok atau bahkan mencegahnya sejak dini. Puskesmas Padang Ulak Tanding berharap bahwa langkah awal ini dapat menjadi pijakan untuk mewujudkan lingkungan madrasah yang bebas dari bahaya merokok.(Ismi F N)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA