Tanamkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab, Gudep Puspa Indah MIN 1 Rejang Lebong Gelar Latihan Baris-Berbaris

Rejang Lebong (Humas) - Untuk menanamkan disiplin dan sikap tanggung jawab kepada siswa, Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 07.249-07.250 Puspa Indah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong menggelar latihan baris-berbaris pada Sabtu (04/08) di halaman madrasah.

Windi Setia Ningsih, M.Pd, yang akrab disapa Buk Cik Windi salah satu pelatih Pramuka dalam kesempatan tersebut, menyampaikan bahwa pelatihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) ini merupakan bentuk latihan fisik yang bertujuan untuk menanamkan kebiasaan disiplin tinggi pada siswa.

“Ada 12 gerakan dasar dari PBB yang kita berikan kepada mereka, mulai dari sikap sempurna, istirahat di tempat, lencang depan, lencang kanan, hadap kiri, hadap kanan, balik kanan, hadap serong kanan, hadap serong kiri, berhitung, hormat, dan jalan di tempat,” jelasnya.

Buk Cik Windi menambahkan bahwa pembinaan kedisiplinan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan sikap atau kebiasaan dalam tata cara kehidupan sehari-hari yang diarahkan, serta membentuk mental siswa menjadi lebih baik.

“Pelatihan dasar PBB merupakan tata cara baris-berbaris yang diwujudkan dalam bentuk latihan fisik untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, serta dapat menumbuhkan kedisiplinan. Sehingga, pelatihan dasar PBB secara tidak langsung juga dapat menanamkan rasa tanggung jawab,” terangnya.

Sebelum memulai latihan, para siswa menerima pengarahan singkat dan melihat gerakan-gerakan yang dicontohkan. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti latihan ini, menunjukkan semangat yang tinggi dalam setiap gerakan yang diajarkan. (Randi)


TERKAIT

Berita LAINNYA