Rashdul Kiblat, KUA Selebar Fasilitasi Pengukuran Arah Kiblat Masjid Khairul Amal Sukarami

Rashdul Kiblat, KUA Selebar Fasilitasi Pengukuran Arah Kiblat Masjid Khairul Amal Sukarami

Kota Bengkulu (Humas)-Ketua Tim Kemasjidan Bidang Urais Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Ali Akbar, M.SI. beserta rombongan Tim Pengukuran Arah Kiblat mendatangi Masjid Khairul Amal untuk melaksanakan pengukuran arah kiblat, didampingi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Selebar Jaudi Hartono, S.Ag, M.H.I, Koordinator Penyuluh Kecamatan Selebar, Yurlan Hamidi, M.Pd, Ketua BKM, Andri Nopel, Sekretaris Masjid Ahmad Buntoro, Imam Masjid, Joyo, para Penyuluh dan pegawai di lingkungan KUA Selebar. Selasa (16/07/24)

Pengukuran arah kiblat menjadi sangat penting bagi setiap masjid, karena hal ini menentukan arah dalam pelaksanaan sholat sehingga arah sholat menjadi tepat dan mengarah ke Ka'bah secara benar. Pengukuran arah kiblat kali ini cukup simpel karena pada tanggal 15 dan 16 Juli 2024 ada peristiwa Rashdul Kiblat atau Istiwa A'zam yakni fenomena matahari melintas tepat di atas Ka'bah, sehingga bayangan semua benda yang tegak lurus akan mengarah ke Kiblat (Ka'bah)

Pengukuran arah kiblat ini dikatakan cukup simpel karena hanya memerlukan benda tegak lurus di tempatkan di tempat yang rata serta menyesuaikan waktu pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA.

Dalam pelaksanaan pengukuran arah kiblat ini Sekretaris Masjid Khairul Amal, Ahmad Buntoro menyampaikan "Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Pengukuran Arah Kiblat dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dan KUA Kecamatan Selebar yang telah merespon permohonan kami beberapa waktu yang lalu untuk mengukur arah kiblat di masjid kami, karena mulai dari berdirinya masjid ini sampai saat ini masjid kami belum pernah di ukur secara resmi arah kiblatnya. Sehingga tidak jarang ada perselisihan di tengah-tengah jama'ah kami. Namun setelah adanya pengukuran resmi ini harapan kedepan tidak akan ada lagi perselisihan arah kiblat". Ungkap Ahmad Buntoro

Sementara itu, Kepala KUA kecamatan Selebar menyatakan "Saya ucapkan terimakasih kepada Tim Kemasjidan Bidang Urais Kanwil kemenag Provinsi Bengkulu yang telah datang membantu kami dalam melakukan pengukuran arah kiblat di Masjid Khairul Amal ini, dan nanti akan kita buatkan sertifikat bahwa masjid ini telah dilakukan pengukuran arah kiblat secara resmi dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dan KUA Kecamatan Selebar". Pungkas Jaudi. (Red/Andri/Humas)


TERKAIT

Berita LAINNYA