Peringati Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kepahiang: Kurikulum Dibuat untuk Mencapai Tujuan Pendidikan

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Kakankemenag Kepahiang: Kurikulum Dibuat untuk Mencapai Tujuan Pendidikan

Kepahiang (Humas) — Kantor Kementerian Agama kabupaten Kepahiang memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan Upacara Hardiknas di lapangan kantor, Kamis (02/05/2024). Kegiatan diikuti seluruh pegawai ASN dan Non ASN Kemenag Kepahiang, Kepala KUA dan Madrasah se-Kabupaten Kepahiang beserta pegawai perwakilan masing-masing unit kerja.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang, Drs. Albahri, M.S.I., yang berperan sebagai Pembina Upacara menyampaikan amanat berkaitan dengan peran guru serta sistem pendidikan Indonesia dari waktu ke waktu.

“Kurikulum dibuat untuk mencapai tujuan pendidikan. Seperti yang kita tahu, sejarah penerapan sistem pendidikan dimulai dengan Kurikulum tahun 1947 yang menitikberatkan pada nilai kebangsaan. Hal ini sesuai dengan kondisi Indonesia saat itu yang baru saja merdeka,” jelas Albahri.

Kepala Kemenag Kepahiang menjelaskan bahwa dari waktu ke waktu kurikulum disesuaikan dengan keadaan negara, termasuk Kurikulum Merdeka yang mengusung dan berfokus pada nilai Pancasila. Salah satu hal yang mencerminkan nilai tersebut Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dalam amanatnya, Albahri berharap semua satuan pendidikan dapat melakukan penerapan kurikulum dengan baik guna mendukung terwujudnya tujuan pendidikan.

Kegiatan upacara ditutup dengan penyerahan Buku Statistik Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang tahun 2023 kepada Kepala Madrasah dan KUA. (Lyanda)


TERKAIT

Berita LAINNYA