Peringati Hari Kesaktian Pancasila, KUA Kecamatan Sukaraja Laksanakan Apel Pagi

Seluma (Humas) – Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai “Hari Kesaktian Pancasila” di Indonesia. Ini adalah momen bersejarah yang diperingati untuk menghormati dan merayakan nilai-nilai dasar yang menjadi landasan negara Indonesia, yaitu Pancasila. Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang mendalam dalam sejarah dan kehidupan masyarakat Indonesia. Adanya peristiwa kelam G30S/PKI yang sebagai upaya menggantikan ideologi Pancasila dapat dihalau pada saat itu. Oleh sebab itu mengapa dinamakan Kesaktian Pancasila, karena adanya peristiwa kelam itu Pancasila tidak bisa digantikan dengan ideologi komunis bahkan ideologi manapun.

Tujuan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diantaranya adalah Mengenang Peristiwa Kelam G30S/PKI, Mengingatkan Pentingnya Nilai-nilai Pancasila, dan Mempertahankan Ideologi Bangsa. Pancasila berfungsi sebagai perekat dan pemersatu bagi bangsa Indonesia yang beragam suku, agama, bahasa, dan budaya. Prinsip persatuan Indonesia mendorong rasa nasionalisme dan kesatuan dalam kebhinekaan. Karenanya ideologi Pancasila merupakan ideologi yang sudah sangat sesuai di Indonesia ini.

H.D Hamdan Fauzi, S.Sos.I selaku kepala KUA Kecamatan Sukaraja memimpin apel pada Selasa (01/10). Pada amanatnya Hamdan menyampaikan kepada seluruh peserta apel bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 ini mengusung tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas. Hamdan mengajak seluruh peserta untuk tetap teguh pada ideologi Pancasila dan selalu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Nilai-nilai luhur dalam Pancasila ini patut kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, perumusnya juga mereka para founding father yang sangat berjasa. Semoga dengan peringatan hari kesaktian Pancasila pada kesempatan kali ini akan membuat kita semakin kokoh mempertahankan ideologi. (Eka/fifi)


TERKAIT

Berita LAINNYA