Peran Penting Orang Tua Pada Anak, MIN 5 Bengkulu Tengah Konsultasikan Hasil SAS Siswa

Para wali murid Nampak antusias mengikuti proses ini, karena menyadari tujuan kegiatan ini membantu para orang tua mengenal dan mengetahui sampai mana kemajuan anak di dalam pelajaran atau kegiatan pembelajaran

Bengkulu Tengah, (Humas) - SAS atau yang disebut Sumatif Akhir Semester yang merupakan istilah untuk kegiatan asesmen sumatif pada kurikulum merdeka yang sedang diimplementasikan di Madrasah. Sumatif Akhir Semester (SAS) dalam kurikulum merdeka dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dalam kurikulum 2013, merupakan agenda rutin tiap semester. SAS merupakan salah satu bentuk asesmen yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang telah dijalani oleh peserta didik selama satu semester/enam bulan. MIN 5 Benteng telah melaksanakan SAS beberapa waktu yang lalu.

Setelah SAS dilaksanakan tentunya para siswa mendapatkan hasil dari ujiannya. Apakah nilainya memuaskan atau perlu perbaikan atau Remedial. Dalam hal ini, orang tua mengambil peranan penting dalam membantu siswa melaksanakan Remedial atau mengetahui tingkat kemajuan anaknya. Tingkat Kesibukan dan aktivitas orang tua terkadang mengabaikan atau kurang memperhatikan anak sehingga momen ini diharapkan menjadi salah satu alternative untuk lebuh perduli lagi dengan anak.

Kegiatan konsultasi hasil belajar siswa ini dilaksanakan lingkungan sekolah, ada yang diteras kelas ada juga yang di dalam kelas masing-masing di MIN 5 Bengkulu Tengah, di mulai pada pukul 07.30 s.d. 12.00 WIB. Para wali murid Nampak antusias mengikuti proses ini, karena menyadari tujuan kegiatan ini membantu para orang tua mengenal dan mengetahui sampai mana kemajuan anak di dalam pelajaran atau kegiatan pembelajaran yang berlangsung dalam satu semester ini.

Harapan kedepan semoga para siswa dapat mengikuti pembelajaran dan mendapat nilai yang maksimal tentunya dengan dukungan dari berbagai pihak seperti keperdulian orang tua. Bagaimanapun juga anak merupakan Investasi Masa depan yang harus diperhatikan sejak dini perkembangan intelektual, sepiritual dan emosionalnya sehingga dimasa mendatang dapat beradaptasi dan bersaing dengan tuntutan zaman. (DA)


TERKAIT

Berita LAINNYA