Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan Bersama Warga Baca Kitab Al-Barzanji dalam Peringatan Maulid Nabi Saw di Masjid Al-Mukmin Desa Niur

Seluma (Humas)--Penyuluh Agama Islam  Kecamatan Air Periukan M.Wahid Syafiuddin, M.Ag. pimpin pembacaan Al-Barzanji bersama Jama'ah Masjid Al-Mukmin Desa Niur Kecamatan Sukaraja dalam rangkaian Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Al-Mukmin di mulai ba'da Isya' sampai dengan selesai malam tadi. Senin, 16/09/2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Yamanudin selaku imam Masjid Al-Mukmin, Hamdan selaku Khotib, Suparno Imam Masjid Al-Ikhlas dan Penyuluh Agama Islam M.Wahid Syafiuddin, M.Ag, Perangkat Desa, Kepala Dusun 1, serta seluruh warga masyarakat jama'ah Masjid Al-Mukmin Desa Niur.

Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan tawashul kepada penulis kitab Al-Barzanji, dilanjutkan pembacaan shalawat. Barulah kemudian dilanjutkan dengan membaca Kitab Maulid Al-Barzanji dari mulai Al-jannatu (athiril 1) sampai Wakaana kemudian dilanjutkan dengan doa penutup. Pada pertengahan pembacaan maulid al-Barzanji tersebut, bersama-sama kita diwajibkan untuk berdiri yang biasa disebut dengan Mahallul Qiyam. Dalam Mahallul Qiyam ini pembacaan sholawat-sholawat kepada Nabi dikumandangkan dengan khusyuk dan penuh khidmah. Setelah Mahallul Qiyam dilanjutkan dengan membaca Wabaroza Shallallahu. Doa penutup biasanya dibacakan oleh anggota Maulid Barzanji yang berumur paling tua.

Dan dalam kesempatan ini, Imam Masjid Al-Mukmin, Yamanuddin bertindak sebagai pembaca doa. Kegiatan diakhiri dengan makan bersama, yang merupakan hasil shodaqah jama'ah Masjid Al-Mukmin, terdapat juga Nasi Kunyit (Jambar) yang merupakan salah satu tradisi dan adat masyarakat Niur, manakala memasuki Bulan Maulid. Ini merupakan bentuk syukur dari warga atas keberkahan bulan ini. Dan atas bulan dilahirkannya Nabi Muhammad Saw bin Abdullah Ungkap Wahid.(Naf/Mws)


TERKAIT

Berita LAINNYA