Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja Menjadi Salah Satu Peserta Testimoni Pada Acara Rapat PKMB

Seluma (Humas) - Pengembangan Kampung Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam  yang di selenggarakan oleh Bidang Bimas Islam Kemenag Kabupaten Seluma di kantor Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan. Dihadiri oleh  Kepala Kemenag  Kabupaten  Seluma,Kasi Bimas Islam Kabupaten Seluma ,Kasi Madrasah ,Kepala KUA Kades,Tokoh Agama dan di ikuti oleh para Penyuluh Agama Islam ,Kristen Hindu dan yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja  Qomaroddin menjadi salah satu peserta testimoni tentang acara pengembangan Kampung Moderasi Beragama di Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan.Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja  merupakan perangkat negara yang bertugas memainkan peranan dan fungsi strategis dalam memperkuat kehidupan bangsa serta berperan dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan terkait kebijakan pemerintah melalui pendekatan bahasa agama dengan menjalankan fungsinya secara optimal yang meliputi fungsi edukatif, informatif, konsultatif, advokatif dan administratif.

Qomaroddin mengatakan Pelaksanaan acara PKMB ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu bagi penyuluh Agama Islam dalam penyuluhannya dimasyarakat untuk menebarkan toleransi bagi semua agama. Sehingga tidak akan terjadi Ancaman berbagai ideologi global  pada kompleksitas kelhidupan social keagamaan dan social kebudayaan masyarakat.

Penyuluh Agama Islam tidak hanya cakap dan piawai dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah secara verbal (da'wah bi al lisan) tapi juga memiliki kemampuan  dalam pengembangan kampung moderasi beragama ,dan memili ilmuan pengetahuan social budaya hingga keterampilan tertentu yang dapat menjadi komunikasi alternative dalam aksi nyata (da'wah bi al hal). Banyak penyuluh agama islam melakukan berbagai pengembangan program yang inovatif dan kreatif dalam mengoptimalkan perannya. Hal tersebut dilakukan guna mencapai hasil kerja yang maksimal. Situasi kehidupan social keagamaan saat ini memiliki daya destruksi terhadap kebhinekaan bangsa.

Moderasi beragama diyakini sebagai salah satu modal social penting dalam menunjang pembangunan nasional berkelanjutan. Penyuluh Agama Islam merupakan kepanjangan tangan Kementerian Agama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sebagai icon Kementerian Agama, Penyuluh Agama Islam berperan dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa meningkatkan hidup rukun dan toleransi dalam menjaga dan kehidupan beragama warga masyarakat melalui bimbngan dan peyuluhan dengan pendekatan bahasa agama termasuk moderasi beragama. Maka kegiatan penguatan moderasi beragama bagi penyuluh ini penting dilaksanakan untuk memastikan pemahaman dan praktik beragama setiap penyuluh agama Islam.,tambahnya .(Naf/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA