Pengenalan Dan Penerapan Makhraj Dan Tajwid Oleh Penyuluh KUA Sukaraja

Seluma (Humas)- Hukum makhraj dan tajwid adalah pedoman dalam membaca Iqro’ dan Al-Qur’an. Makhraj huruf hijaiyah merupakan pembahasan penting dalam ilmu tajwid agar bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta fasih. Makharijul huruf adalah tempat keluarnya huruf-huruf dibunyikan. Ketika membaca Al-Qur’an, setiap huruf harus dibunyikan sesuai makhraj hurufnya. Sedangkan tajwid juga penting untuk dipelajari agar bacaan Al-Qur’an menjadi bagus, benar, dan sesuai dengan arti sesungguhnya.

Salah satu Penyuluh Agama Islam KUA Sukaraja, Prihatini menjalankan tugasnya sebagai Pengajar di TPQ Nurussalam Desa Padang Pelawi. Materi yang disampaikan yaitu mengenai makhraj dan tajwid. Mengenalkan makhorijul huruf dan tajwid kepada anak-anak TPQ kemudian menerapkannya atau mempraktekkannya secara langsung agar lebih mudah dipahami ketika membaca Iqro’ atau Al-Qur’an pada Rabu (18/9).

Prihatini mengatakan tujuan dari pemberian materi mengenai makhroj dan tajwid ini untuk menjaga kemurnian bacaan Al-Qur'an, serta untuk melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan baik dan benar. Dan juga mengajarkan anak-anak TPQ Nurussalam untuk menjaga lisan agar tidak terjadi kesalahan dalam membaca yang dapat menjerumuskan dalam dosa. (Eka/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA