Pengajian Mingguan, Memaknai Kepemimpinan Dalam Keluarga

Pegawai KUA Bersama Ibu – Ibu gelar pengajian mingguan (Kamis, 13/06/2024) bertempat di Aula KUA Kecamatan Merigi.

Kepahiang, (Humas) --- Pegawai KUA Bersama Ibu – Ibu gelar pengajian mingguan (Kamis, 13/06/2024) bertempat di Aula KUA Kecamatan Merigi.

Acara diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al- Qur’an, Lantunan Sholawat Nabi, Do’a dan dilanjutkan materi tausiyah oleh Pemateri.

Pada Pengajian Kali ini Pemateri diisi oleh Penghulu KUA Kecamatan Merigi yaitu Bapak Yahanuar, S.Ag, MH dan pada pengajian kali ini mengangkat tema tentang Kepemimpinan dalam Keluarga .

Dalam tausiyahnya Yahanuar, S.Ag, MH Menyampaikan secara sederhana, kepemimpinan keluarga adalah bagaimana orang tua memberi contoh baik kepada anaknya. Sama halnya pemimpin di dalam organisasi dan bisnis, orang tua mendorong anaknya untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik, sehingga bisa menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri dan masyarakat sekitar.sebagaimana dalam hadits Riwayat Bukhori dan Muslim “Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya.

Imam adalah pemimpin yang akan diminta pertanggung jawaban atas jamaahnya. Seorang suami adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawaban atas keluarganya. Seorang istri adalah pemimpin di dalam urusan rumah tangga suaminya, dan akan dimintai pertanggung jawaban atas urusan rumah tangga tersebut. Seorang pembantu adalah pemimpin dalam urusan harta tuannya, dan akan dimintai pertanggung jawaban atas urusan tanggung jawabnya tersebut." Aku menduga Ibnu 'Umar menyebutkan: "Dan seorang laki-laki adalah pemimpin atas harta bapaknya, dan akan dimintai pertanggung jawaban atasnya. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya ” (H.R. Bukhori).

Oleh Karena itu pada kesempatan ini saya mengingatkan terutama kepada ibu – ibu berhati hatilah dalam menjaga amanah dalam keluarga ,terutama seorang ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan mendidik anak-anaknya. 

(Teguh)


TERKAIT

Berita LAINNYA