PAI Kota Padang Ajak Masyarakat Pahami Proses Pengurusan Jenazah

REJANG LEBONG (HUMAS)--- Penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota Padang, Idil Fitri, menjadi narasumber dalam acara sosialisasi pengurusan Jenazah yang di selenggarakan di Kelurahan Kota Padang. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara pengurusan Jenazah secara baik dan benar sesuai syariat Islam.

Sosialisasi pengurusan Jenazah ini diadakan pada hari Senin 23 September 2024 pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.30 WIB yang diikuti oleh Perangkat Kelurahan, perangkat agama dan bapak-bapak dan ibu- ibu Kelurahan Kota Padang . Dalam Sosialisasi di jelaskan tentang tata cara mengurus jenazah secara baik dan benar, di mulai dari cara memandikan jenazah, mengkafani jenazah, mensholatkan jenazah sampai penguburan jenazah. 

Menurut Idil Fitri, sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya bapak- bapak dan ibu- ibu, agar mereka bisa melaksanakan fardhu kifayah terhadap jenazah sesuai Sunnah Rasulullah SAW. “ Meskipun sebagian bapak - bapak dan ibu-ibu sudah bisa bahkan sering melaksanakan pengurusan jenazah, tetapi masih perlu untuk di berikan Sosialisasi agar lebih baik serta lebih sesuai lagi dengan syariat agama islam ,” ujar Idil Fitri.

Salah satu peserta Sosialisasi tersebut , Bapak Sukri, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas adanya Sosialisasi pengurusan Jenazah tersebut. "Kami sangat terbantu dengan adanya sosialisasi ini sehingga kami bisa memahami tata cara pengurusan Jenazah dengan baik dan benar. Dengan adanya sosialisasi ini kedepannya kami akan lebih sempurna lagi dalam melaksanakan fardhu kifayah baik cara memandikan, mengkafani, mensholatkan serta menguburkan jenazah ," ujarnya.

KUA Kota Padang Efrianto,S.Sos.I,MH juga sangat mengapresiasi Sosialisasi pengurusan Jenazah yang dilakukan Penyuluh Agama Islam " saya sangat mendukung Sosialisasi tentang pengurusan Jenazah yang telah di lakukan Idil Fitri selaku Penyuluh Agama Islam PPPK semoga apa yang di sampaikan bermanfaat bagi masyarakat terkhusus warga Kelurahan Kota Padang." Ujar nya

Semoga Sosialisasi ini dapat juga di lakukan di Keluruhan dan di Desa lain nya sehingga lebih banyak lagi masyarakat memahami tata cara pengurusan Jenazah secara baik dan benar sesuai dengan kaidah yang diajarkan.(idil fitri)


TERKAIT

Berita LAINNYA