Optimalkan Kegiatan Bimluh, PAI KUA Pondok Kelapa Serukan Perbanyak Amal Ibadah Di Bulan Safar

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Al-Muhajirin Dusun III Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa dan dihadiri 25 jemaah. Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran

Bengkulu Tengah, (HUMAS) - Dalam rangka optimalisasi peran penyuluh dalam bidang Pelayanan Bimbingan dan Penerangan Agama Islam di Kecamatan Pondok Kelapa, Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Urusan Agama (KUA) Pondok Kelapa Sajuri, S.Pd.I melaksanakan Bimbingan Penyuluhan (Bimluh) pada pengajian rutin bulanan Majelis Taklim Al-Muhajirin, Rabu (31/07).

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Al-Muhajirin Dusun III Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa dan dihadiri 25 jemaah. Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, pembacaan shalawat badar, acara inti bimluh, do'a bersama dan penutup.

Adapun tema bimluh pada kali ini tentang amalan pada bulan Safar. Dalam uraian bimluhnya Sajuri mengatakan bahwa di bulan Safar perlu diisi dengan berbagai amalan yang dapat memberikan pahala besar. Diantaranya ada tiga amal yang berlipat ganda yang dapat dikerjakan pada bulan Safar yakni amal kebaikan yang pahalanya 10 kali lipat, amal kebaikan yang pahalanya 700 kali lipat, dan amal kebaikan yang pahalanya sangat banyak lebih dari 700 kali lipat.

Menurut penjelasan  Sajuri, Adapun amal kebaikan yang pahalanya 10 kali lipat berdasarkan Firman Allah Surat Al-An'am ayat 160: "Siapa saja yang berbuat kebaikan, maka ia mendapatkan pahala 10 kali lipatnya". Kemudian amal kebaikan yang pahalanya 700 kali lipat disandarkan pada hadits Nabi: "Siapa saja yang mengirim donasi infak untuk perjuangan jihad fi sabilillah sementara ia sendiri hanya diam di rumah (tidak ikut berangkat berjuang), maka baginya setiap donasi satu dirham mendapatkan pahala 700 dirham". (Hadits riwayat Ibnu Majah dan Al-Mundziri).

Sedangkan amal kebaikan yang pahalanya sangat banyak lebih dari 700 kali lipat berdasarkan sabda Nabi: "Siapa saja yang masuk ke pasar lalu membaca dzikir yang artinya: 'Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian, Allah Dzat yang menghidupkan dan yang membinasakan, Allah Dzat adalah Yang Maha Hidup yang tidak akan pernah binasa, hanya pada kekuasan-Nya lah kebaikan, dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu; maka Allah pastikan bagi orang yang membacanya itu sejuta kebaikan, Allah lebur darinya sejuta keburukan, dan Allah angkat baginya sejuta derajat". (Hadits riwayat al-Hakim).

Hal tersebut juga sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, "Setiap amal manusia dilipat gandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat." (HR Imam Muslim).  

Pada akhir bimluh ini Sajuri menyampaikan bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan Safar oleh karena itu ia mengajak kepada jemaah Majelis Taklim Al-Muhajirin untuk memperbanyak amalan-amalan ibadah, memperbanyak sedekah, karena bulan Safar sama seperti bulan-bulan lain sehingga diharapkan untuk selalu meningkatkan ketakwaan dan memperkuat keimanan.


TERKAIT

Berita LAINNYA