MTsN 2 Rejang Lebong Gelar STS Berbasis Android Melalui Aplikasi Google Formulir

Rejang Lebong (HUMAS)---- MTs N 2 Rejang Lebong melaksanakan Assesmen Sumatif Tengah Semester(STS) Tahun Ajaran 2024-2025 berbasis Android mulai tanggal 23 sampai 28 September 2024. Hal ini merupakan bentuk komitmen MTs Negeri 2 Rejang Lebong untuk masuk dalam dunia digitalisasi secara bertahap, walaupun masih dalam keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, tidak jadi penghalang untuk melangkah lebih jauh. Pelaksanaan STS berbasis Android ini merupakan pelaksanaan yang pertama kalinya dilakukan pihak Madrasah terhadap peserta didik.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengukur kemampuan belajar siswa selama setengah semester, sejauh mana pencapaian yang telah diperoleh siswa sehingga diperoleh umpan balik sekaligus sebagai bahan pelaporan kepada Wali Murid.

Asesmen Madrasah  berbasis Android  ini menggunakan aplikasi Geogle Formulir. Menurut Jauhari, S.H.I Selaku Waka Kurikulum  pelaksanaan STS berbasis Android ini bagi siswa yaitu dapat menyesuaikan ukuran dalam tampilan soal, kenyamanan diri terhadap teks yang dibaca melalui Android yang dimiliki peserta didik. Asesmen Madrasah  berbasis Android dirasa lebih efektif bagi peserta didik karena setiap peserta didik memiliki paket soal yang berbeda dengan peserta didik lainnya hal ini mendukung kebaikan dalam proses penilaian karena semua hasil nilai berdasarkan pengetahuan murni setiap peserta didik bukan hasil contekan dari teman peserta didik. 

Menurut Wawan Herianto, S.Pd., MM selaku Kepala Madrasah, berharap kedepannya peserta didik dapat mengikut Asesmen Madrasah  sudah bisa menggunakan Komputer dan tidak lagi mengguna HP/Android. "Pelaksanaan Asesmen  ini, walau dengan segala keterbatasan dapat berjalan lancar dan sukses. Kami berharap kedepannya, agar instansi terkait dapat memberikan bantuan Komputer supaya siswa kami ujian dengan menggunakan  Komputer," Ujarnya.

“Soal AM sudah diupayakan memenuhi kriteria soal HOTS (Higer Order Thinking Skills), memiliki stimulus, serta  materinya sudah disesuaikan dengan kurikulum merdeka. Soal tersebut dibuat langsung oleh setiap guru mata pelajaran dengan menyesuaikan kisi-kisi soal yang di keluarkan oleh Kementerian Agama (Dirjen Pendis) dan di kembangkan oleh guru mapel masing-masing," Tambah Wawan.

Dengan dilaksanakan Sumatif Tengah Semester (STS) berbasis android ini, diharakan mengukur kemampuan belajar siswa selama setengah semester, serta kemudahan dalam penilaian dapat dimiliki tanpa dikoreksi karena sudah terprogram di aplikasi Geogle Formulir tersebut. Selain itu, dapat menambah pengetahuan dalam teknologi komputer serta mempercepat proses kerja guru-guru.(apriliandi)


TERKAIT

Berita LAINNYA