MTs N 1 Seluma Gelar Festival Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa 2023

Seluma (Humas)-Dalam rangka memperingati hari lahir Sumpah Pemuda yang ke- 95 (28 Oktober 2023), MTsN 1 Seluma menggelar acara Festival Sumpah Pemuda dan Peringatan Bulan Bahasa. Kegiatan yang diinisiasi oleh OSIM MTsN 1 Seluma ini diikuti oleh seluruh perwakilan siswa kelas 7, 8, dan 9. Ada beberapa cabang lomba yang diadakan, diantaranya, puisi, pidato, majalah dinding dan fashion show daur ulang sampah. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari sejak Kamis-Jumat, 02-03 N0vember 2023. Acara berjalan dengan sukses dan meriah. 

Hitamin, S.Pd.I., selaku pembina Osim MTsN 1 Seluma menyampaikan bahwa setiap tahun MTs N 1 Seluma  secara rutin selalu mengadakan perlombaan antarkelas ini. Tahun ini sudah memasuki tahun ke-3. Selain sebagai salah satu program OSIM MTsN Seluma, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah dan menumbuhkan semangat berlomba pada siswa-siswi MTs N 1 Seluma juga untuk menyaring bibit-bibit unggul untuk lomba serupa di tingkat kabupaten maupun ditingkat yang lebih tinggi.

“Acara ini bertujuan untuk merayakan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, serta mempromosikan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sehingga kita mengadakan lomba fashion pemanfaatan daur ulang sampah. Sebagaimana kita saksikan bersama siswa sangat antusias dalam berkreasi dan berpartisipasi dalam lomba ini”, jelas Hitamin.

Sementara itu Kepala MTsN 1 Seluma Isrul Aswanto, S.Pd., dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh OSIM MTsN 1 Seluma ini. Ia berharap agar seluruh siswa dapat berperan aktif, baik sebagai peserta maupun sebagai penonton sehingga bisa mendapatkan pengalaman yang berharga.

“Harapannya kegiatan ini adalah sebagai momentum untuk saling menguatkan rasa persatuan dan kesatuan, gotong royong dan juga cinta tanah air. Sebagaimana yang disapaikan oleh Bung Karno agar kita senantiasa membawa semangat api sumpah pemuda”. Ujar Isrul.

Untuk diketahui, Bulan bahasa merupakan bulan yang berkaitan erat dengan sejarah bahasa di Indonesia yaitu Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Salah satu isinya yaitu menyatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional sekaligus bahasa pemersatu bangsa. Oleh sebab itu, pada bulan Oktober biasa diperingati sebagai bulan bahasa. Adapun tema yang diusung pada peringatan bulan bahasa tahun ini adalah "Literasi dalam Kebhinekaan untuk Kemajuan Bangsa". (Eka/HW)


TERKAIT

Berita LAINNYA