MAN Rejang Lebong Olah Sampah Jadi Barang Multi Guna : Gali Kreatifitas dan Tanggung Jawab Siswa pada P5PPRA

REJANG LEBONG (HUMAS) --- MAN Rejang Lebong sukses melaksanakan program P5PPRA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) pada Kamis, 5 September 2024, dengan tema "Gaya Hidup Berkelanjutan: Mengolah Sampah Menjadi Barang Bermanfaat".

Wakil Bidang Kurikulum, Lilis, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan siswa kelas XII dalam? mengubah limbah sampah yang sulit didaur ulang, seperti plastik, menjadi barang-barang yang indah dan berguna. “Kami ingin mengajarkan siswa untuk memanfaatkan sampah yang sulit didaur ulang menjadi barang dengan nilai guna dan bahkan nilai jual,” ungkap Lilis.

Lilis juga menekankan dampak lingkungan dari sampah plastik, yang dapat bertahan hingga puluhan tahun dan sulit didaur ulang secara alami. “Ini adalah masalah besar bagi lingkungan kita di masa depan jika tidak ada solusi,” tambahnya.

Dengan tema P5PPRA kali ini, diharapkan siswa tidak hanya menemukan solusi dalam mengolah sampah, tetapi juga mengembangkan kreativitas mereka untuk membuat barang-barang menarik dan fungsional dari bahan bekas. “Kami ingin siswa mengembangkan sikap tanggung jawab terhadap sampah dan menunjukkan bahwa sampah dapat memiliki nilai jual,” jelas Lilis.

Dia berharap bahwa sikap peduli lingkungan yang ditanamkan melalui program ini akan diterapkan tidak hanya dalam diri siswa tetapi juga dapat ditularkan ke keluarga dan lingkungan sekitar.

Pelaksanaan P5PPRA dengan tema berbeda di setiap fase, khususnya fase F kelas XII, telah berlangsung dengan lancar selama hampir sepekan, menunjukkan komitmen dan kreativitas siswa dalam gaya hidup berkelanjutan. (julita)


TERKAIT

Berita LAINNYA