Lestarikan Budaya, MIN 1 Kepahiang Gelar Ujian Praktik Seni Tari Tradisional

Peserta Didik Kelas VI MIN 1 Kepahiang Gelar Ujian Praktik Seni Tari Tradisional

Kepahiang (Humas) --- Peserta Didik Kelas VI MIN 1 Kepahiang melaksanakan ujian praktik pada hari kedua yaitu seni tari mata pelajaran seni budaya di Halaman MIN 1 Kepahiang pada Selasa, (23/04/2024). Ujian berlangsung dengan lancar dan meriah yang disaksikan oleh seluruh guru dan siswa MIN 1 Kepahiang.

Kepala MIN 1 Kepahiang melalui Guru Seni Budaya Okta Risandi, menjelaskan bahwa ujian praktik tari tradisional sengaja dipilih agar Peserta Didik Kelas VI MIN 1 Kepahiang dapat melestarikan jenis tari tersebut. Peserta Didik VI MIN 1 Kepahiang yang mengikuti ujian praktik mempersembahkan berbagai macam tari tradisional. Itu bagian dari melestarikan budaya nusantara.

“Sebelum tampil, peserta didik kelas vi diberikan materi terlebih dahulu tentang tari beserta gerakannya, kemudian mereka dilatih berulang-ulang saat mata pelajaran seni budaya berlangsung. Sehingga ketika tampil, mereka sudah tidak canggung lagi,” ujar Okti.

Ada beberapa kriteria penilaian pada ujian praktik ini, di antaranya yaitu wirama, wiraga, dan wirasa. Wirama adalah keterampilan gerak dan motorik. Wiraga adalah ketepatan gerak dengan nada atau tempo lagu. Sedangkan, wirasa adalah harmonisasi wirama dan wiraga. Kesesuaian kostum juga bagian dari penilaian.

Selanjutnya, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kepahiang Husni Tamsil ,S.Pd., menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada guru pembimbing dan Peserta Dididk Kelas VI yang sudah memberikan penampilan yang luar biasa.

"Terimakasih kepada seluruh peserta didik kelas enam yang telah menunjukkan aksinya di panggung. Insyaallah dengan ide-ide kreatif seperti ini dapat menumbuhkan semangat dan menjadi contoh bagi peserta didik yang lain. Pemilihan tema tari ini, di samping sebagai bentuk pelestarian budaya, juga sebagai opsi yang tepat dari guru seni budaya sebagai ajang untuk melatih keberanian peserta didik tampil di hadapan orang banyak," tutup Husni. (Heri)


TERKAIT

Berita LAINNYA