REJANG LEBONG (HUMAS) ---- Mengawali hari kerja pertama dibulan september Senin, 02/09/2024 Kepala KUA Binduriang H. Suryono, S. Ag, M. Pd, layani rekomenadasi Nikah ke Desa Belitar Muka Kecamatan Sindang Kelingi atas nama Andre warga Desa Simpang Beliti.
Menurut H. Suryono Pelayanan Prima atau disebut juga AndreExcellent adalah melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada setiap para tamu yang datang ke KUA, sehingga tamu menjadi merasa puas. Secara umum tujuan pelayanan prima yaitu memberikan pelayanan sehingga bisa memenuhi dan memuaskan para tamu.
Manfaat dari pelayanan prima salah satunya untuk upaya meningkatkan kualitas pelayanan KUA Binduriang ataupun pemerintah kepada para tamu atau masyarakat, serta dapat menjadi acuan untuk pengembangan penyusunan standar pelayanan. Standar pelayanan dapat diartikan sebagai tolak ukur atau patokan yang digunakan untuk melakukan pelayanan dan juga sebagai acuan untuk menilai kualitas suatu pelayanan. Pelayanan disebut prima jika tamu sudah merasa puas dan sesuai dengan harapan tamu.
Kepada kontributor berita KUA, H. Suryono menjelaskan bahwa Konsep pelayanan prima ada 3 (tiga) macam, Pertama Konsep Sikap / Attitude merupakan Sikap yang harus dimiliki diantaranya sikap yang ramah, penuh perhatian, dan memiliki rasa bangga terhadap perusahaan. Dan yang harus diperhatikan juga pegawai harus berpenampilan menarik dan sopan sesuai peraturan Pemerintah yang berlaku.
Kedua Konsep Perhatian / Attention bahwa saat melakukan pelayanan kepada tamu, maka perlu memperhatikan dan mencermati keinginan konsumennya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam konsep ini seperti mengucapkan salam saat memulai pembicaraan, bertanya apa saja yang di inginkan konsumen, memahami keinginan tamu, melakukan pelayanan dengan ramah, tepat dan cepat serta harus menempatkan kepentingan tamu menjadi yang paling utama, karena tamu adalah raja .
Ketiga Konsep tindakan / Action, dalam konsep tindakan, misalnya seorang pegawai pada bagian pelayanan harus selalu memperhatikan dan mencermati apa yang menjadi keinginan tamu. Beberapa bentuk pelayanan pada konsep ini misalnya seperti mencatat pesanan yang di inginkan tamu, menegaskan atau mengecek kembali yang di pesan tamu, menyelesaikan transaksi pesanan tamu, dan bisanya jika sudah melayani mengucapkan terimakasih kepada tamu.
Menyadari sangat pentingnya pelayanan prima di suatu institusi atau perkantoran pelayanan maka penerapannya di Kantor Urusan Agama Kecamatan Binduriang . Sikap - sikap yang ramah, penuh perhatian, dan memiliki rasa bangga ditunjukkan oleh pegawai garda terdepan di meja pelayanan tamu. Mereka melakukan pelayanan dengan sepenuh hati, penuh perhatian dan kemudian melakukan tindakan dengan mencatat maksud dan tujuan dan pada akhirnya menyelesaikan pekerjaan dengan baik sehingga kepuasan tamu dapat tercapai. Ujar H. Suryono. (diana)