Laksanakan Bimwin, Kepala KUA BI Sampaikan Materi Mempersiapkan Rumah Tangga Yang Berkah

KUA kecamatan Bermani ilir terus  mengadakan kegiatan rutin Bimwin pada  hari Selasa  (15/10/2024) di Balai Nikah KUA kecamatan Bermani ilir yang diikuti 3  pasang calon pengantin.

Kepahiang, (HUMAS) --- KUA melalui Bimbingan perkawinan  (Bimwin) mengajak dan membimbing calon pengantin menemukan tujuan pernikahan agar mampu menciptakan keluarga bahagia, selamat di dunia dan akhirat, serta mendapat keberkahan. Karenanya,   KUA kecamatan Bermani ilir terus  mengadakan kegiatan rutin Bimwin pada  hari Selasa  (15/10/2024) di Balai Nikah KUA kecamatan Bermani ilir yang diikuti 3  pasang calon pengantin.

Penghulu sekaligus kepala KUA kecamatan Bermani ilir Ali Akbar, SH.I,MHi, selaku pemateri menyampaikan bahwa untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia dan berkah  ada  rahasia keluarga yang perlu terpenuhi, diantaranya 5 Pilar Keluarga Sakinah yaitu :

- Pertama, suami dan istri sama-sama meyakini bahwa dalam perkawinan keduanya adalah pasangan (zawaj)yang satu sama lain saling membutuhkan

-Kedua, suami dan istri sama-sama memegang teguh perkawinan sebagai janji yang kokoh (mitsaqan ghalizhan), yang senantiasa harus dijaga kesucian nya

- Ketiga, suami dan istri saling memperlakukan pasangannya secara damai (mu'asyaroh bil-ma'ruf).

- Keempat, suami dan istri bersama-sama menyelesaikan masalah keluarga melalui musyawarah.

- Kelima, Taradhin yaitu suami istri meyakini bahwa ridha Allah pada mereka tergantung ridha suami atau istrinya (QS. Al-Baqarah/2:233) . 

Kesemuanya itu kata kepala KUA jika dalam berumah tangga dijadikan sebagai pegangan maka akan terwujudlah rumah tangga yang bahagia dan berkah. Selesai materi yang diuraikan oleh kepala KUA di adakan sesi tanya jawab seputar berumah tangga, peserta pun secara antusias memanfaatkan sesi ini dengan menyampaikan tantangan berumah tangga diera moderen. Menjawab hal tersebut, dalam rumah tangga hendaknya harus diperkuat rasa nikmat dan syukur. Sehingga kita akan selalu tidak merasa selalu kekurangan dalam hal apapun dalam rumah tangga. Tutup kepala KUA.


TERKAIT

Berita LAINNYA