Kunjungi Pabrik Kerupuk, MAN Seluma Bangun Jiwa Entrepreneur Siswa Melalui Kegiatan P5 Bertema Kewirausahaan.

Seluma (Humas)- Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, maka MAN Seluma pada tahun pelajaran 2023/2024  untuk kelas X sedang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Salah satu pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka dengan menerapkan P5. Terkait dengan penerapan P5, pada tahun pelajaran ini menerapkan pada tema kedua “Kewirausahaan” atau gerak produk pasar.

Produk pasar yang dipilih yaitu mengunjungi salah satu jajanan yang laris di kalangan masyarakat. Tepat pada hari Selasa, 10 Oktober 2023, guru dan beberapa perwakilan siswa berkunjung ke salah satu pabrik pembuatan kerupuk milik Bapak Pairin yang berada di desa dusun sidomulyo, bukit peninjauan 2, Kec. Sukaraja, Kab. Seluma.

“alhamdulillah usaha saya ini sudah mendapatkan izin resmi dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah” ujar Pairin setelah diwawancarai oleh salah seorang siswa. Setelah itu, siswa/I MAN Seluma dan guru juga ikut serta dalam proses pembuatan kerupuk dari pemilihan tepung hingga menjemur kerupuk.

“ada tepung segitiga biru, bawang putih, soda, terasi dan kaldu bubuk sehingga rasanya seperti kerupuk jangek”. Kata Pairin

Harapannya untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur di usia muda hingga nantinya bisa menciptakan lapangan kerja sendiri hingga membantu negara untuk menurunkan angka kemiskinan. Selain itu, mereka dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter selama berproses.

Selama kegiatan P5 berlangsung, mereka turut didamping dan didukung oleh guru sekaligus penanggungjawab kegiatan p5 bertema “kewirausahaan”,  antara lain : Bapak Budi Utomo, S.E., Ibu Qoriatur Rahma, S.Pd., Ibu Melia Suneta, S.Pd.I., Ibu Deti Haryanti, S.Pd., Ibu Wita Juliani, S.Pd.I., dan ibu Fetri Zulianti, S.Pd.

Harapannya dengan pemilihan tema kewirausahaan yaitu Berkunjung ke Pabrik Pembuatan Kerupuk, siswa berperan aktif dalam menyalurkan kreativitas dan jiwa usahanya dan menggali untuk mengeksplorasi bahan makanan lainnya yang dituangkan dalam membuat kerupuk atau produk makanan yang lain. Semoga kegiatan ini bisa menjadi pelajaran bagi calon entrepreneur muda dari MAN Seluma. (Eka/Riska)


TERKAIT

Berita LAINNYA