Kepala KUA Sindang Kelingi Ikuti Workshop Nasional , "Gerak Penghulu: Sejuta Pengantin Siap Cegah Stunting"

Rejang Lebong (HUMAS)---- Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sindang Kelingi, Samijan, S.Ag., M.HI., turut serta dalam Workshop daring yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI). Acara bertajuk "Gerak Penghulu: Sejuta Pengantin Siap Cegah Stunting" ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta penghulu dari provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat.(24/09)

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan literasi para penghulu dalam upaya percepatan penurunan stunting (PPS). Program ini menekankan peran penghulu dalam memberikan edukasi kepada calon pengantin terkait pentingnya kesehatan reproduksi dan persiapan pernikahan untuk mencegah stunting, terutama selama masa peri-konsepsi, yaitu 3-6 bulan sebelum pernikahan.

Samijan menyampaikan apresiasinya kepada BKKBN atas inisiatif ini. "Program ini sangat penting untuk memastikan calon pengantin siap secara kesehatan, khususnya bagi calon ibu, demi generasi yang lebih sehat," ungkapnya.

Workshop ini juga memperkenalkan penggunaan aplikasi "Elsimil" sebagai alat bantu penghulu dalam memberikan bimbingan pernikahan dan keluarga, sehingga mendukung keberhasilan program pencegahan stunting di Indonesia.

Melalui kolaborasi ini, penghulu di seluruh Indonesia diharapkan dapat berkontribusi dalam menurunkan angka stunting, sebuah tantangan besar yang masih dihadapi banyak daerah di Indonesia.(slamet)


TERKAIT

Berita LAINNYA