Kepala KUA Kecamatan Semidang Alas Dukung Pelestarian Sarapal Anam Pada Acara Aqiqah

Seluma (Humas) - Kepala KUA Kecamatan Semidang Alas Hendri Saputra, S.Sos.I M.Ag mendukung kegiatan sarafal Anam di desa Talang Durian. Kamis (26/09/24).

Kesenian sarafal Anam merupakan bentuk kesenian yang dilakukan dengan irama Melayu. Syair-syair inti dari kesenian ini diambil dari syair nazhm dalam kitab maulid sharf al-anam.
Kesenian sarafal Anam ini sering disebut oleh masyarakat Talang Durian dengan berdzikir. Kesenian ini biasanya digunakan pada saat acara Aqiqah dan pernikahan di rumah hajatan.
Hendri menyambut baik dan mendukung terhadap budaya sarafal Anam yang ada di Kecamatan Semidang Alas khususnya di desa Talang Durian.
Disetiap acara Aqiqah ataupun pernikahan group sarafal Anam tampil dan terlihat bapak-bapak bersemangat menabuh redap rebanah dan melantunkan syair-syairnya.
Sarafal Anam beranggotakan Kepala Desa Zen Zawawi, S.Pd, ketua BPD, Kadun, Pengurus Masjid dan masyarakat lainnya.
Kepala KUA Kecamatan Semidang Alas Hendri Saputra, S.Sos.I M.Ag ,melalui Sarafal Anam diharapkan  dapat dilestarikan menjadi Salah satu kesenian turun temurun dan menjadi tradisi ungkapnya.
Kesenian sarafal Anam dapat menjalin kebersamaan dan kerja sama antar sesama group.
Sarafal Anam merupakan sebagai ucapan syukur dan pelengkap kegembiraan atas kelahiran anak maupun terwujudnya pernikahan anak dalam suatu keluarga.(Naf/Zes)


TERKAIT

Berita LAINNYA