Kepala KUA Kecamatan Air Periukan Sampaikan Tema Jaga Amanah Allah Dalam Khutba Nikah

Seluma (Humas) - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan meliput peristiwa pernikahan, yang dilaksanakan di desa Lokasi Baru RT 04, Senin(02/9/2024).

Kepala KUA Kecamatan Air Periukan, Harun, S Ag, MH mengatakan pernikahan merupakan amanah yang berat, sebab saat ijab kabul terjadi, arasy akan berguncang.
"Maka siapkan diri untuk memikul beban ini," jelas Harun saat khutbah nikah,

Ia mengingatkan, pernikahan bukan kegiatan main-main atau sepele. Tetapi nikah itu punya nilai tinggi di sisi Allah. "Perjanjian suci yang kokoh, seperti disebutkan dalam Quran," tegasnya.

Harun juga mengingatkan calon mempelai agar menjaga pernikahan semaksimal mungkin setelah ijab kabul nanti. Caranya, saling menghormati dan bermusyawarah dalam masalah. Ketika diuji, tetap bersabar setiap cobaan yang Allah berikan.

Selain itu, ujarnya, ijab kabul mengandung nilai ibadah. Maka niatkan sebaik mungkin sejak detik ini. Banyak kasus dalam rumah tangga disebabkan niatnya tidak baik.

"Maka niatkan semata-semata karena Allah. Nilai ibadah dalam nikah akan menjadi amal untuk mengantarkan pasangan untuk hidup sejahtera dunia dan akhirat, tambahnya
Nikah ini amanah, yaitu amanah Allah dan wali. Maka jaga amanah ini dengan cara melaksanakan kewajiban Allah. Jika sudah memenuhi kewajiban, tentu akan terpenuhi hak-hak setiap pasangan.tutup harun (Naf/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA