IGORNAS Lakukan Tes Pengukuran Antropometri Peserta Didik di MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu

REJANG LEBONG (HUMAS) ---- Dalam rangka menyukseskan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) yaitu “Tes Pengukuran Antropometri”, IGORNAS (Ikatan Guru Olahraga Nasional) provinsi Bengkulu berkunjung ke MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu (31/08). Kunjungan Bapak Suyatno, S.Pd selaku ketua IGORNAS provinsi Bengkulu tersebut bertujuan untuk mendata dan  melakukan serangkaian tes pengukuran antropometri bagi peserta didik yang mempunyai potensi di bidang olahraga. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari persiapan mengikuti bimbingan teknis identifikasi bakat dan tes kebugaran pelajar Nusantara (TKPN).

Kris Ade Putra, S.Pd.I.Gr selaku kepala madrasah menyambut baik kedatangan ketua Igornas serta memberikan dukungan terhadap kegiatan positif tersebut. “Saya berkesimpulan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi madrasah, karena dapat membantu dalam mengidentifikasi bakat dan potensi peserta didik kami khususnya di bidang olahraga. Selain itu juga dapat memotivasi peserta didik untuk menjaga kebugaran serta mengembangkan bakat dan kemampuan atletik mereka”, Tutur kepala madrasah.

Antropometri sendiri merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari dimensi tubuh manusia melalui serangkaian tes yang meliputi, pengukuran ukuran tubuh, struktur dan komposisi tubuh. Terdapat 8 item yang menjadi fokus pengukuran dari tes antropometri yang dilakukan oleh bapak Suyatno meliputi, berat badan, tinggi badan, tinggi duduk, panjang tungkai, panjang telapak tangan rentang lengan, panjang jengkal dan panjang telapak kaki. Serangkaian tes tersebut ditujukan bagi peserta didik yang memiliki tinggi badan 160 cm keatas. Adapun data fisik yang diperoleh dari tes tersebut menurut penuturan bapak Suyatno akan dikirim ke IGORNAS Pusat untuk dapat digunakan di berbagai macam keperluan, termasuk bagi tim pemandu bakat untuk menjaring atlet.(liza)


TERKAIT

Berita LAINNYA