Dinkes Kabupaten Seluma Datangi KUA Lubuk Sandi Terkait MOU Bersama PKM Kecamatan

Seluma (Humas) – Staf Kesga dan Gizi dinkes Kabupaten Seluma Iis Ria Fitriani beserta Team datangi KUA lubuk Sandi terkait kerjasama nota kesepahaman (MOU) antara KUA Kecamatan lubuk sandi dan UPTD Puskesmas Kecamatan perihal Pelaksanaan edukasi dan pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin (Catin), Jumat (30/8). Disambut baik oleh PLT KUA Lubuk Sandi Iis Sumirat, Penghulu M.Ardiansyah dan JFU Rita.

Iis Ria Fitriani menjelaskan, didampingi Tim dalam kunjungannya  arti penting MoU ini, karena menjadi dasar pelaksanaan tiap kegiatan lintas sektoral yang terkait edukasi kesehatan  bagi catin. Ini sangat penting mengingat pelaksanaan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh bagi catin terutama kepada catin perempuan guna mempersiapkan kehamilan sehat yg melahirkan generasi penerus yg sehat dan menciptakan keluarga sehat, sejahtera dan berkualitas” Terang Ria

Ria Dinkes melanjutkan bahwa seluruh pemeriksaan dilakukan dipuskesmas, karenanya kita melaksanakan MoU bersama KUA Kecamatan  untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sesuai dengan Kepres Nomor 12 Tahun 2020 dalam hal pelayanan masyarakat, sementara pelaksanaan edukasi keagamaan dan kesehatan dilaksanakan di KUA sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Untuk penyuluhan dari PKM ke KUA Lubuk sandi selama Iis menjabat belum pernah dilaksanakan, tetapi untuk elsimile sudah menjadi syarat pemberkasan nikah. Dijelaskan oleh Iis ketika Ia menjabat sebagai Ka. KUA Air Periukan penyuluhan dari PKM rutin dilaksanakan berkolaborasi dengan penghulu dan penyuluh.

Mengenai MOU ini Kami KUA sangat menyambut baik Kerjasama ini, hal ini sangat berguna bagi pasangan catin dalam menjalankan bahtera rumah tangga, para catin mendapatkan sedikit gambaran dan tidak awam sama sekali terkait hal tersebut” Tambah Iis. (Naf/Rt)


TERKAIT

Berita LAINNYA