Bimbingan Catin Mandiri di KUA Taba Penanjung, Berikan Edukasi Lahir Dan Bathin

Kantor Urusan Agama (KUA) Taba Penanjung mengadakan kegiatan bimbingan pra-nikah bagi pasangan calon pengantin di Balai Nikah KUA Taba Penanjung

Bengkulu Tengah, (HUMAS) - Kantor Urusan Agama (KUA) Taba Penanjung mengadakan kegiatan bimbingan pra-nikah bagi pasangan calon pengantin pada Kamis, (20/06/24). Acara yang berlangsung di Balai Nikah KUA Taba Penanjung ini dimulai pukul 10.00 WIB, bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada calon pengantin mengenai berbagai aspek kehidupan berumah tangga.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala KUA Taba Penanjung,Bambang Indarto, 

S. Sos. I dan ustadz Samsirman Alamsyah. Selain itu, turut hadir Samsul Bahri Koordinator lapangan atau Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan Apriani dari Puskesmas setempat.

Sebagai kepala Kantor Urusan Agama ( KUA), Bambang Indarto menyampaikan pentingnya bimbingan pra-nikah sebagai persiapan mental dan spiritual bagi pasangan yang akan memasuki gerbang pernikahan. 

Bertindak sebagai menyampaikan materi pada bimbingan calon pengantin adalah Ustadz Samsirman. “Bimbingan pra-nikah ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada pasangan calon pengantin mengenai hak dan kewajiban dalam rumah tangga, serta bagaimana membangun keluarga yang harmonis dan sejahtera,"jelas pak Samsirman. 

Materi yang disampaikan dalam bimbingan ini meliputi aspek kesehatan reproduksi dan psikologi oleh bidan Apriani serta perencanaan keluarga dan kesehatan ibu dan anak oleh Pak Samsul Bahri. Bidan Apriani menekankan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan mengajarkan cara-cara untuk merawat kesehatan keluarga. "Penting bagi pasangan untuk memahami kesehatan reproduksi dan memastikan mereka siap secara fisik dan mental untuk menjalani kehidupan berkeluarga," kata bidan Apriani. 

Sementara itu, pak Samsul dari PLKB memberikan penjelasan mengenai pentingnya perencanaan keluarga dan penggunaan alat kontrasepsi. “Dengan perencanaan keluarga yang baik, kita dapat memastikan kesejahteraan keluarga dan mendukung kesehatan ibu dan anak,” ungkap Samsul. 

Para peserta bimbingan pra-nikah ini sangat aktif dan antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara. Mereka menyatakan bahwa informasi yang diberikan sangat bermanfaat sebagai bekal untuk memulai kehidupan baru sebagai pasangan suami istri.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh ustadz Samsirman dengan harapan agar semua pasangan calon pengantin yang hadir dapat membangun keluarga yang bahagia dan harmonis (sakinah mawaddah warahmah). (RW) 


TERKAIT

Berita LAINNYA