Berantas Buta Aksara Al Qur'an , MTsN 1 Rejang Lebong Luncurkan Program TBTQ

REJANG LEBONG (HUMAS) ---- Dalam rangka memberantas buta aksara Al - Qur'an, MTsN 1 Rejang Lebong menggalakan Program Tuntas Baca Tulis Qur'an (TBTQ). Demi terwujudnya hal tersebut, Waka Kesiswaan Sucipto, S.Pd.I bersama Waka Kurikulum Eko Aguspriyanto, M.Pd mengidekan program ini bersama Guru - Guru PAI lainnya di sekolah.

Program ini di canang kan sudah dari minggu lalu yakni saat memperbincangkan program Pengembangan Madrasah pada Jum'at berkah 23 Agustus 2024 kemarin. Kegiatan tersebut diikuti seluruh siswa - siswi MTsN 1 RL.

Sistematis nya adalah setiap guru mempunyai siswa asuh dalam TBTQ, disesuaikan dengan kemampuan siswa sudah sampai mana dalam belajar membaca Al - Qur'an. Jika siswa masih dalam tahap belajar iqro maka diteruskan untuk belajar dari iqro, dan jika siswa sudah paham membaca al-qur'an maka meneruskan bacaan nya sampai dimana dia belajarnya serta memperbaiki tajwid nya dalam membaca Al-Qur'an. 

"Sesuai dengan ikon sekolah kita adalah madrasah maka setiap siswa harus di tekan kan untuk mampu membaca Al-Qur'an meski hanya tau huruf Hijaiyah saja," ujar pak Eko.

"Jangan sampai nanti ada anak kita bersekolah di madrasah tapi huruf Alif yang besar tidak tau," canda beliau.

"Dengan mengamalkan Al-Qur'an dalam hidup kita, maka Allah SWT akan selalu memberikan hidayah dan berkah nya kepada kita semua sehingga hidup kita selalu bermakna. Sebab Al-Qur'an adalah Kalam Allah SWT, oleh karena itu selalu baca dan pahami kandungan yang ada didalam Al-Qur'an", sambung pak Cipto.

Giat TBTQ ini antusias diikut oleh seluruh siswa, terlihat dari banyak nya siswa yang mencari guru pembimbing nya pada saat ada jam istirahat atau jam kosong dan pada saat setelah shalat Dhuha. Tidak ada waktu dan tempat khusus untuk kegiatan ini, siswa bisa menemui guru pembimbingnya diruang guru ataupun di mushola.

Program ini bukan hanya bermanfaat bagi siswa yang membiasakan diri dalam membaca Al-Qur'an, tapi juga bagi guru pembimbing nya, karena guru juga bisa belajar dengan sesama guru pembimbing lainnya dalam tajwid ataupun bisa sharing dalam pemahaman membaca Al-Qur'an.

Program ini sangat di dukung oleh pak Kepala Madrasah Yuhmir, M.Pd.I, beliau siap membantu apapun yang di butuhkan dalam mensukseskan program tersebut." Karena ini merupakan amal jariyah yang akan terus mengalir jika ilmu yang diberikan bisa di serap dengan maksimal dan di terapkan dalam kehidupan siswa siswi MTsN 1 Rejang Lebong. Selain itu, program ini juga yang di sampaikan oleh pak Kanwil Provinsi Bengkulu pada saat kunjungan kemarin," ujar beliau.(dessi)


TERKAIT

Berita LAINNYA