Belajar Demokrasi! MAN Seluma gelar pemilihan OSIM periode 2023-2024, kegiatan P5 “Suara Demokrasi”.

Seluma (Humas)- Kegiatan P5 yang bertema suara demokrasi yaitu pemilihan osim periode 2023-2024 berlangsung dengan meriah, diikuti oleh seluruh siswa/I dan dewan guru MAN Seluma.

Kegiatan Pemilihan OSIM digelar dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua OSIM MAN Seluma peiode 2023-2024 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga sekolah. Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIM dimulai dari pendaftaran terbuka untuk siswa/i kelas X dan XI yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Para calon ketua OSIM menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilakukan.

Pembina OSIM dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIM memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilihan ketua OSIM dilakukan secara Jurdil (Jujur dan Adil).
Kegiatan pemilihan Ketua OSIM diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIM dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIM.

Setelah pendaftaran terbuka untuk ketua dan wakil ketua OSIM, terdapat 2 pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIM di MAN Seluma, di urut no 1 yaitu Hanila Rahayu (Caketos) Keyza Jelita (Wacaketos), di urut no 2 yakni Rachelia Amandhita Nankanova (Caketos) Muhammad Hafiz (wacaketos).

Tahapan demi tahapan telah dilaksanakan, tibalah masa puncak kegiatan P5 yaitu pemilihan ketua OSIM dan Wakil Ketua OSIM. Hasil akhir dari pemilihan yakni terpilihnya Paslon no urut 2.

“selamat kepada paslon no urut 2, semoga amanah dan dapat menjalankan visi misi yang telah kalian paparkan pada debat kandidat”. Ujar Ichwan Saputra, Kepala MAN seluma.

Pelantikan dan sertijab Insya allah akan dilaksanakan pada hari Senin, 25 September 2023 oleh Ka. MAN Seluma. (Eka/Riska)


TERKAIT

Berita LAINNYA