A. Penyusunan dan Penetapan Kebutuhan Pegawai (2.5%) |
||
1. |
Menyusun rencana kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS pada satker berdasarkan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) sesuai dengan mempertimbangkandinamika/perkembangan organisasi |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Menyusun rencana kebutuhan jumlah dan jenis Jabatan PNS untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dan dirinci per 1 (satu) tahun ber dasarkan prioritas kebutuhan dan sesuai dengan Renstra Kementerian Agama. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Rencana kebutuhan jabatan PNS harus mendukung capaian tujuan organisasi yang telah disusun dan ditetapkan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Melakukan penghitungan jumlah kebutuhan pegawai sesuai dengan Anjab dan ABK dengan tetap memperhitungkan jumlah pegawai Non PNS. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Melakukan monitoring dan evaluasi perencanaan kebutuhan pegawai berdasarkan peta jabatan setiap unit dengan memperhatikan kondisigeografis daerah, jumlah penduduk, dan rasio alokasi anggaranbelanja pegawai. |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
B. Pengadaan Pegawai (4%) |
||
1. |
Melaksanakan sistem pengangkatan dan seleksi jabatan administrasi, jabatan fungsional dan jabatan pimpinan tinggi secara transparan dan berbasis kompetensi |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Pengumuman penerimaan seleksi jabatan administrasi, jabatan fungsional dan jabatan pimpinan tinggi diinformasikan secara luas kepada masyarakat. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Pendaftaran seleksi jabatan administrasi, jabatan fungsional dan jabatan pimpinan tinggi dilakukan dengan mudah, cepat dan pasti (online). |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Persyaratan seleksi jabatan administrasi, jabatan fungsional danjabatan pimpinan tinggi jelas, tidak diskriminati |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Proses seleksi jabatan administrasi, jabatan fungsional dan jabatan pimpinan tinggi transparan, objektif, adil, akuntabel dan bebas KK |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
6. |
Pengumuman hasil seleksi jabatan administrasi, jabatan fungsional dan jabatan pimpinan tinggi diinformasikan secara terbuka |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
7. |
Melakukan proses penerimaan pegawai Non PNS secara transparan melalui satu pintu sehingga kebutuhan pegawai non PNS dapat dipantau termasuk alokasi anggaran terhadap pegawai Non PNS |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
8. |
Monitoring dan evaluasi sistem rekrutmen dan seleksi jabatanadministrasi, jabatan fungsional dan jabatan pimpinan tinggi secaratransparan dan berbasis kompetensi | |
2020 |
|
|
2021 | ||
2022 | ||
2023 | ||
2024 | ||
C. Pangkat dan Jabatan (1.5%) |
||
1. |
Melakukan pemetaan dan klasifikasi pegawai berdasarkan kedudukan jabatan administrasi, jabatan fungsional dan jabatan pimpinan tinggi yang menunjukan tingkatan jabatan berdasarkan tingkat kesulitan, tanggung jawab, dampak, dan persyaratan kualifikasi pekerjaan yang digunakan sebagai dasar penggajian |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Meningkatkan pelayanan terkait dengan layanan administrasi jabatanadministrasi, jabatan fungsional dan jabatan pimpinan tinggi sesuaidengan ketentuan yang berlaku |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Menyusun standar kompetensi jabatan sebagai pedoman dalam pengisian jabatan sesuai dengan jenis jabatan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
D. Pengembangan Karier, Pengembangan Kompetensi, dan Sistem Informasi Manajemen Karier (7%) |
||
1. |
Melaksanakan pola karir dan pengkaderan pegawai ASN dengan mengacu Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) dan profil ASN |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) telah disusun yang memuatnama Jabatan; uraian Jabatan; kode Jabatan; pangkat yang sesuai;Kompetensi Teknis; Kompetensi Manajerial; Kompetensi SosialKultural; dan ukuran kinerja Jabatan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Profil PNS telah disusun yang memuat data personal; kualifikasi;rekam jejak Jabatan; kompetensi; riwayat pengembangankompetensi; riwayat hasil penilaian kinerja; dan informasikepegawaian lainnya |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Melakukan manajemen pengembangan karier PNS yang dilakukan melalui mutasi dan promosi berdasarkan hasil assesment pegawai |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Melakukan identifikasi pengembangan kompetensi pegawai |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
6. |
Melakukan analisis kebutuhan pengembangan kompetensi sesuai dengan rencana pengembangan kompetensi dengan dukungan anggaran yang memadai (on proses) |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
7. |
Melakukan penetapan rencana pengembangan karir |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
8. |
Melaksanakan pola pengembangan karier berdasarkan standar jabatan dan standar kompetensi jabata |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
9 |
Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pengembangan karir |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
10. |
Membuat pola karier PNS yang merupakan pola dasar mengenai urutan penempatan dan/atau perpindahan PNS dalam dan antar posisi di setiap jenis Jabatan secara berkesinambungan |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
11. |
Membangun Sistem Informasi Manajemen Karier PNS |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
12. |
Mengintegrasikan Sistem Informasi Manajemen Karier PN |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
13. |
Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pola karir,pengembangan kompetensi dan pengkaderan pegawai PN |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
14. |
Melakukan evaluasi kinerja pegawai pasca diklat(struktural/teknis/substantif) secara berkala untuk mengetahuiprogres kinerja pegawai |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
E. Penilaian Kinerja dan Disiplin (4.5%) |
||
1. |
Melakukan pembinaan PNS yang didasarkan sistem prestasi dan sistem karier. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Penilaian kinerja PNS dilakukan berdasarkan perencanaan kinerjapada tingkat individu dan tingkat unit organisasi yang mendukungkinerja organisasi. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Penilaian kinerja PNS dilakukan secara objektif, terukur, akuntabel,partisipatif, dan transparan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Melakukan penilaian kinerja individu yang selaras dengan kinerjaorganisasi |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Menetapkan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegaw |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
6. |
Mengimplementasikan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
7. |
Melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawa |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
8. |
Melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan aturandisiplin/kode etik/kode perilaku instansi secara menyeluruh dansecara berkala. |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
9. |
Menjadikan capaian kinerja individu sebagai dasar untuk pemberiantunjangan kinerja |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
F. Penghargaan (1%) |
||
1. |
Adanya pemberian sanksi dan imbalan (reward and punishment) kepada pegawai. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Memberikan penghargaan kepada PNS yang telah menunjukkankesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, danprestasi kerja (penghargaan dapat diberikan berdasarkan kebijakansatuan kerja masing-masing seperti short course, petugas haji,beasiswa, tanda kehormatan, kenaikan pangkat istimewa,kesempatan prioritas untuk pengembangan kompetensi, dan/ataukesempatan menghadiri acara resmi dan/atau acara kenegaraan danlainnya). |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
G. Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) (1% |
||
1. |
Penyusunan rencana kebutuhan diklat Pegawai Berbasis Kompetensiyang inovatif serta responsif terhadap perkembangan zaman dankondisi kebutuhan instansi Kementerian Agama |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Sinkronisasi kebutuhan basis diklat dengan tugas dan fungsi jabatansehingga terjadi kesesuaian atau job-fit antara pekerjaan/jabatan danjob holder (pemangku jabatan) |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
H. Sistem Informasi Kepegawaian (3.5% |
||
1. |
Melaksanakan Manajemen Data Pegawai |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Pengembangan Sistem Presensi PNS Kementerian Agama yang terintegrasi dengan SIMPEG |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Sistem informasi kepegawaian telah dibangun sesuai kebutuhan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Sistem informasi kepegawaian dapat diakses oleh pegawai |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
6. |
Sistem informasi kepegawaian terus dimutakhirkan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
7. |
Sistem informasi kepegawaian digunakan sebagai pendukung pengambilan kebijakan manajemen SDM |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
Sumber : Subbag Ortala dan KUB