A. Tim Reformasi Birokrasi (2%) |
||
1. |
Membentuk Tim Kelompok Kerja (Pokja) dengan menentukananggota tim yang terdiri dari delapan area perubahan reformasi birokrasi. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Menyusun dokumen rencana program reformasi birokrasi yangmemuat target prioritas yang relevan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Melakukan rapat koordinasi teknis terkait dengan kendala dan rekomendasi pelaksanaan reformasi birokrasi |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Melakukan Reviu dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
B. Agen Perubahan (3.5%) |
||
1. |
Pembentukan Agen Perubahan untuk menggerakkan organisasidalam melakukan perubahan secara berkelanjutan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Implementasi Pedoman Agen Perubahan ke seluruh Unit Kerja |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Melakukan pemahaman tugas dan fungsi Agen Perubahan padasatuan kerja dalam bentuk sosialisasi. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Melakukan pengembangan kapasitas Agen Perubahan ReformasiBirokrasi melalui berbagai pelatihan, misalnya pelatihan agenperubahan, pemberian consulting, coaching and training sertaknowledge sharing yang mendukung peningkatan efektifitasorganisasi. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Memberdayakan Agen Perubahan terpilih dalam mencari solusipermasalahan yang ada dengan membuat rekapitulasi permasalahandan rekomendasi/solusi dan disampaikan kepada pimpinan. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
6. |
Mengevaluasi kinerja Agen Perubahan secara berkala (per tahun) terkait dengan inovasi yang sudah direncanakan sampai progres dancapaiannya. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
7. |
Memberikan apresiasi/penghargaan kepada agen perubahan yang mencapai target perubahannya (bentuk penghargaan dapat ditentukan oleh satker masing-masing) |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
C. Nilai-Nilai Organisasi (2.5% |
||
1. |
Peningkatan keterlibatan aktif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dari unsur pimpinan tertinggi sampai seluruh pegawai dari semua tingkatan (pegawai PNS dan Non PNS). Kegiatan dapat dilakukan seperti penyelenggaraan pertemuan rutin yang dipimpin oleh pimpinan tertinggi. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Melakukan pengembangan pendidikan dan pelatihan pegawai berbasis kompetensi yang inovatif serta responsif terhadapperkembangan zaman dan kondisi kebutuhan instansi dalam melakukan perubahan culture and mind set berbasiskompetensi/pendiklatan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Pencanangan dan sosialisasi budaya kerja positif KementerianAgama. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Internalisasi Budaya Kerja Positif Kementerian Agama kepada seluruh pegawai dalam bentuk kegiatan maupun media lainny |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Melakukan pembinaan netralitas ASN Kementerian Agama untuk bekerja profesional |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
D. Media Komunikasi Reformasi Birokrasi (1%) |
||
1. |
Melakukan public campaign yang terkait dengan reformasi birokrasi dengan memanfaatkan media komunikasi seperti website, infografis,banner, poster, booklet atau buku saku, dan lain-lain. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Melakukan updating informasi terkini dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
E. Rencana Program Reformasi Birokrasi (3%) |
||
1. |
Sosialisasi dan internalisasi Rencana Program Reformasi Birokrasi kepada seluruh anggota organisasi yang memuat program dan kegiatan yang mendukung delapan Area Perubahan Reformasi Birokrasi. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Menurunkan Rencana Program Reformasi Birokrasi dalam bentuk rencana aksi tindak lanjut (dalam bentuk kegiatan-kegiatan). |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi yang melibatkan seluruh anggota organisasi pada setiap area perubahan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Membuat rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaanProgram Reformasi Birokrasi secara berkala (minimal per semester |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi secara berkala (minimal per semester) |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
6. |
Membuat laporan tahunan capaian dan kendala pelaksanaan reformasi birokrasi pada setiap tahunnya berdasarkan hasil monev |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
Sumber: Subbag Ortala dan KUB