Uji Kompetensi PNS Jabatan Pelaksana Jajaran Kemenag Bengkulu Utara Berjalan Lancar, Diikuti 44 ASN

Bengkulu Utara (humas) - Sebanyak 44 ASN Jajaran Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara turut serta dalammengikuti Uji Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Jabatan Pelaksana yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia,Rabu (20/12/2023).

Ujian yang dipusatkan digedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bengkulu Utara tersebut menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan dikoordinir langsung oleh Bagian Kepegawaian Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara. .

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, Dr. H. Nopian Gustari, S.Pd.I.,M.Pd.I, melalui Kasubbag Tata Usaha, Samsir Alamsa, M. Ag, menjelaskan bahwa uji kompetensi jabatan pelaksana tahun 2023 ini hanyabisa diikuti adalah PNS Kementerian Agama Jabatan Pelaksana yang memiliki sisa masa kerja lebih dari 3 (Tiga) tahun per 1 Januari 2024, belum pernah mengikuti Asesmen Uji Kompetensi 3 tahun terakhir dan peserta sudah disesuaikan klasifikasi jabatan oleh admin kepegawaian satuan kerja masing-masing.

“Pelaksanaan uji kompetensi ini dilakukan untuk penyederhanaan jabatan  pelaksana PNS yang sebelumnya berjumlah 3.414 jabatan menjadi tiga klasifikasi jabatan yaitu Klerek, Operator, dan Teknisi” Ucap Samsir.

“Klerek sendiri adalah klasifikasi nomenklatur jabatan pelaksana yang melaksanakan tugas pelayanan administratif, sedangkan operator adalah klasifikasi nomenklatur jabatan pelaksana yang melaksanakan tugas teknis yang bersifat umum, dan yang terakhir teknisi adalah klasifikasi nomenklatur jabatan pelaksana yang melaksanakan tugas teknis yang bersifat spesifik,” Lanjutnya.

Penyederhaan nomenklatur jabatan pelaksana, sambungnya, akan memudahkan gerak birokrasi menjadi lebih adaftif terhadap dinamika zaman, transformasi manajemen SDM aparatur akan semakin dikedepankan.

“Kegiatan uji kompetensi ini dalam rangka menerapkan Sistem Merit dan Manajemen Talenta di Kementerian Agama, di mana diperlukan profil potensi dan kompetensi seluruh pegawai yang mendasari pengembangan talenta dan pembinaan karir pegawai,” pungkasnya


TERKAIT

Berita LAINNYA