Tingkatkan Pemahaman Agama, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Air Periukan Ajak Santri TPQ Hafalkan Nama-nama Nabi Dan Rasul

Seluma (Humas)--Demi Meningkatkan Kecintaan dan Pemahaman Agama, kali ini  Penyuluh Agama Islam Kecamatan Air Periukan Nikma Nur Rohma, SHI Ajak santri santriwati TPQ Ar-Rohman desa Tawang Rejo Hafalkan Nama-nama Nabi dan Rasul serta setoran hafalan nama-nama Nabi dan Rasul yang bertempatkan di Musholla Ar-Rohman di mulai ba'da Magrib sampai isya'. Senin, 14/10/2024

Dalam kegiatan ini Nikma bersama dengan Ustadzah jubaidah mengajak santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Ar-Rohman Desa Tawang Rejo Kecamatan Air Periukan untuk menghafalkan nama-nama Nabi dan Rasul, Kegiatan penghafalan yang dilaksanakan pada malam selasa ini merupakan kelanjutan dari serangkaian pembinaan yang dimulai pada malam sabtu kemarin dengan Metode sholawat dan Metode bernyanyi. 

Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan para santri terhadap ajaran agama Islam, sebagaimana dijelaskan oleh Nikma bahwa penghafalan nama-nama Nabi dan Rasul merupakan bagian integral dari keyakinan seorang Muslim, "Penghafalan nama-nama Nabi dan Rasul sangat penting, karena percaya kepada nabi dan rasul adalah rukun iman," Selain itu tujuan menghafal nama nabi juga untuk mengetahui nama-nama nabi yang tertulis di Al-Qur'an. Di Al-Qur'an terdapat setidaknya 25 nama nabi dan rasul yang perlu diketahui oleh umat Muslim, ujar Nikma.

Jubaidah selaku Ustadzah TPQ Ar-Rohman juga mengungkapkan Penghafalan nama-nama Nabi dan Rasul ini tidak hanya bertujuan untuk memperkaya wawasan keagamaan para santri, tetapi juga untuk meneladani akhlak mulia para utusan Allah SWT. Selain menghafal, para santri juga diberikan materi tentang rukun Islam, rukun Iman, Mengaji Iqra' dan Al-Qur'an, Tajwid dan TBQ serta materi yang lainnya, Kegiatan penyuluhan ini diikuti kurang lebih 15 santri berlangsung selama 2 jam. 

Terpisah Harun, S.Ag, MH. Selaku Kepala KUA kecamatan Air Periukan mengatakan kegiatan di TPQ seperti ini hendaknya terus dilakukan secara berkala guna memperkuat keimanan dan ketaqwaan para generasi muda, serta menjaga keberlangsungan dan kelestarian ajaran Islam di tengah-tengah masyarakat, Harun juga berpesan selain menghafal nama nabi, santri juga bisa mempelqjari dan mengetahui sosok Nabi Muhammad SAW. Rasulullah adalah manusia terbaik, Beliau juga penutup para nabi dan rasul serta yang terbaik di antara mereka, tutup Harun.(Naf/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA