Studi Lapangan P5RA MAN 1 Bengkulu Utara Berjalan Lancar

Bengkulu Utara (Humas) - Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Alamin (P5RA) di MAN 1 Bengkulu Utara telah tiba pada projek ke-2. Projek yang mengambil tema  Kearifan Lokal ini mengangkat judul Mengenal Budaya Bengkulu. Di akhir projek ini siswa-siswi kelas X MAN 1 Bengkulu Utara mengadakan studi lapangan pada Selasa (19/12/2023).

Projek P5RA adalah pembelajaran yang menguatkan upaya pencapaian kompetensi serta karakter. Profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif saja tetapi juga pada sikap dan perilaku.

Studi lapangan ini diikuti oleh 75 siswa yang terdiri dari seluruh siswa kelas X.A, X.B dan X.C, didampingi wali kelas masing-masing dan seluruh fasilitator dan koordinator P5RA. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menambah wawasan siswa seputar budaya Bengkulu yang meliputi, asal-usul, peninggalan bersejarah, adat istiadat dan hal-hal yang berhubungan dengan budaya Bengkulu.

Dalam upaya Mengenal Budaya Bengkulu ini siswa melakukan studi lapangan ke beberapa tempat sesuai dengan tema Kearifan Lokal seperti Museum Negeri Bengkulu, Rumah Pengasingan Soekarno dan Benteng Malboorough. Dengan studi lapangan ini diharapkan siswa dapat memperoleh informasi secara langsung/otentik dengan mengamati atau melakukan wawancara.

Koordinator P5RA MAN 1 Bengkulu Utara Haryo Pratikto, S.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan studi lapangan ini salah satu tujuannya adalah  menanamkan karakter serta menumbuhkan rasa cinta terhadap nilai-nilai kearifan lokal wilayah sendiri khususnya Budaya Bengkulu. (Apriani)


TERKAIT

Berita LAINNYA