Perkuat Hafalan Siswa ,MTsN 2 Fillial Rejang Lebong Terapkan Program Murajaah

REJANG LEBONG (HUMAS) ---- Siswa-Siswi MTsN 2 Fillial Rejang Lebong secara bersama-sama melantunkan murajaah surah pendek, hadis dan doa di ruang shalat mereka pada Senin (02/09/2024). Kegiatan ini dipimpin dan didampingi langsung oleh salah satu Guru Agama yaitu Bapak Resman Suyadi, S.Pd.I  yang turut berperan dalam memastikan kelancaran dan ketertiban selama berlangsungnya kegiatan.

Murojaah dimulai dengan mengulang Surah Ad-Dhuha sebanyak 5 kali, hadis menuntut ilmu, serta doa-doa harian, di mana seluruh siswa secara serentak mengulang hafalan mereka dengan penuh khidmat dan kesungguhan. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperkuat hafalan para siswa, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan di antara mereka.

Kegiatan murojaah ini merupakan bagian dari program yang diterapkan di MTsN 2 Fillial Rejang Lebong,  di mana siswa didorong untuk menghafal dan mempelajari Al-Qur'an, Hadis serta doa-doa harian. Program ini diharapkan dapat membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat dalam spiritualitas dan akhlak.

Koordinator MTsN 2 Fillial Rejang Lebong Ibu Sri Wahyulianti, S.Pd.I menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan pasca Shalat Dhuha dan Shalat Dzuhur, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan menghafal secara baik. “Kami berharap di setiap tahun ajaran, siswa-siswa MTsN 2 Fillial Rejang Lebong dapat menyelesaikan hafalan seminimal mungkin 2 surah dalam 1 bulan. Dengan disiplin dan komitmen yang tinggi, insyaAllah target ini dapat tercapai. Sehingga ketika tamat dari MTsN 2 Fillial Rejang Lebong ini siswa-siswi dapat menyelesaiakn hafalan juz 30 nya,” Ujar Sri.

Kepala MTsN 2 Rejang Lebong, Wawan Herianto, S.Pd., MM turut mendukung kegiatan ini, serta memberikan apresiasinya. “Murojaah bersama ini sangat penting untuk memperkuat hafalan siswa. Dengan cara ini, mereka tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami dan menghayati isi dari setiap ayat yang mereka hafal. Saya sangat bangga dengan semangat yang ditunjukkan oleh siswa-siswi MTsN 2 Fillial ini” kata Wawan.

Program Murajaah secara bersama-sama ini akan terus dilakukan pasca shalat Dhuha dan Dzuhur, dengan harapan bahwa siswa-siswi MTsN 2 Fillial Rejang Lebong dapat memperkuat hafalan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. (apriliandi)


TERKAIT

Berita LAINNYA