Pelaksanaan Projek Profil Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Menumbuhkan Kreativitas dan Imajinasi Tiada Henti

Bengkulu Utara ( Humas ) – Penyelenggaraan P5 di MTsN 1 Bengkulu Utara ini dilaksanakan setiap mingguan, sekarang sedang berlangsung P5 dengan tema kearifan lokal. Seluruh kelas VIII terdiri dari kelompok pertama kelas A dan B diselenggarakan di kelas VIIIA, kelas C,D dan E, yang di mushallah dan kelas VIIIa setiap hari Selasa setiap minggunya. Hari ini Selasa, 15/10 siswa berkreasi menuangkan gambar pakaian adat yang ada di provinsi Bengkulu, variasi pakaian yang digambar dengan corak sesuai dengan khas dari pakaian adat ini seperti tertuang sesungguhnya dari hasil lukisan siswa MTsN 1 BU pada P5 ini.

Guru pengampuh P5 membimbing siswa dalam mengenali pakaian daerahnya melalui google dan mempertegas pemberian pewarnaan yang sesuai pada pakaian adat tersebut, karena beda daerah beda pula corak dan warna yang melambangkan simbol adat atau suku yang ada di provinsi Bengkulu.

“hasil gambar yang tertuang dalam kertas gambar siswa sangat imajinatif dan kreatif namun tetap mengedepankan cirikhas dari masing-masing pakaian yang mereka gambar” menurut salah seorang guru pengampuh P5 yang sedang membimbing.

Kepala MTsN 1 BU Evi Erlina, M.Pd juga menuturkan “menurut guru-guru kami P5 ini benar-benar menggali kembali budaya daerah yang sudah ditinggalkan dan siswa kami sangat antusias untuk mengenali semua potensi lokas didaerah ini” ujarnya bersemangat.

Harapan pada P5 tema kearifan lokal ini siswa kami mampu mengetahui, membuat dan mencintai potensi daerah setempat dan mempertahankannta sampai mereka besar nanti dan semoga dari kearifan lokal ini siswa mampu mengubahnya bernilai ekonomis di masa depan. ( Ewin/Yn )


TERKAIT

Berita LAINNYA