MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu Gelar Muhadharah Jum'at dan Jum'at berkah

Rejang Lebong (Humas)---Pada Jum’at terakhir di bulan Agustus MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu adakan kegiatan bernuansa Islami sekaligus sosial yang bertajuk “Muhadharah Jum’at” dan “Jum’at berkah” (31/08). Kegiatan Muhadharah Diikuti oleh seluruh peserta didik beserta dewan guru, kegiatan ini rutin digelar dan bertujuan melatih mental peserta didik untuk berani berbicara didepan banyak orang. Peserta muhadharah Jum’at kali ini yaitu penampilan dari kelas 3B dan 6B, dengan wali kelas masing-masing sebagai pembimbing.

Seperti biasanya, pada pukul 08.00 WIB kegiatan Muhadharah yang berlangsung di halaman madrasah ini diawali dengan shalat Dhuha berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti seperti pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan, ceramah agama, penampilan nyanyian yang bernafaskan Islam, penampilan Nasyid dan ditutup dengan pembacaan doa yang ditampilkan oleh peserta didik.

Peserta didik tampak antusias menyimak isi ceramah yang disampaikan, dan juga merasa terhibur dengan penampilan nasyid yang ditampilkan oleh temannya di depan. Ahmad Sandi Anggara, S.Pd.I,Gr dan Kori Fidyawati, S.Pd.I selaku guru pembimbing yang membersamai latihan peserta didik menyampaikan rasa bangga kepada anak didiknya yang telah tampil secara maksimal dalam kegiatan ini. Begitu juga dengan Kris Ade Putra, S.Pd.I.Gr selaku kepala madrasah, beliau sangat mengapresiasi dan terus mendukung para peserta didik untuk berani dan percaya diri tampil memberikan siraman rohani di setiap kegiatan keagamaan madrasah.

Kegiatan hari ini diakhiri dengan Jum’at berkah. Para peserta didik yang di hari sebelumnya telah dihimbau oleh wali kelas masing-masing untuk mebawa segenggam beras, diarahkan mengumpulkan beras yang dibawanya. Adapun beras yang terkumpul dari peserta didik tersebut kemudian akan diberikan kepada siswa dan masyarakat sekitar madrasah yang terdata kurang mampu. Menurut penuturan kepala madrasah, kegiatan ini bertujuan untuk mendidik dan menanamkan sikap dermawan dan kepedulian peserta didik terhadap sesama sebagai wujud implementasi pembelajaran Agama di madrasah.

“Alhamdulillah, dua kegiatan yang kita laksanakan sekaligus di hari ini berjalan lancar dan cukup kondusif. Dari kegiatan muhadharah kita berupaya melatih keberanian dan keterampilan peserta didik untuk menunjukkan bakat sekaligus mengasah potensi yang dimiliki, sedangkan dari kegiatan Jumat berkah kita berupaya menamkan sikap sosial dan kepedulian terhadap sesama”, demikian kepala madrasah.(liza)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA