Jelang Implementasi Kurikulum Merdeka, MTsN 6 Mukomuko Sambut Kunjangan Tim Monev IKM Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu

Mukomuko (Humas) – Jelang pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Kepala MTs N 6 Mukomuko, Yuli, S. Pd.I menerima kedatangan tim Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Rabu (24/04/2024).

Dalam kunjungan tersebut, tim IKM Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu yang dipimpin oleh Sapruni, M. Pd.I akan melakukan pendampingan, monev dan supervisi pembelajaran pelaksanaan di Madrasah dalam rangka persiapan pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTsN 6 Mukomuko.

Dimonev tersebut, Sapruni, M. Pd menuturkan bahwa tahun ajaran 2024/2025 sudah diwajibkan menggunakan Kurikulum Merdeka. Adapun Instrumen monitoring pemantauan pelaksanaan kurikulum merdeka meliputi persiapan umum, administrasi, lingkungan belajar, pembelajaran, implementasi profil pelajar pancasila, asesmen penilaian, literasi dan numerasi, pengembangan SDM dan digitalisasi madrasah.

“Untuk tahun ajaran 2024/2025 ini Madrasah dituntut menggunakan Kurikulum Merdeka, makanya untuk penerapan Kurikulum kini kita coba lakukan monitoring terkait kesiapan Madrasah baik persiapan umum, administrasi, SDM, digitalisasi dan lain hal,” jelas Sapruni.

Lebih lanjut, evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ada juga tantangan dalam hal pengembangan kompetensi guru. Kurikulum Merdeka menuntut peran guru sebagai fasilitator dan pendamping siswa dalam mengembangkan potensi mereka.

“Oleh karena itu kita perlu memberikan pelatihan dan pendidikan yang cukup kepada guru agar mereka bisa mengimplementasikan kurikulum ini dengan baik,” lanjutnya.

Selain itu penting bagi kita untuk terus memantau dan mengevaluasi implementasi kurikulum Merdeka ini. “Kita perlu melihat apakah tujuan dan hasil yang diharapkan dari kurikulum ini tercapai, evaluasi ini juga akan membantu kita dalam mengidentifikasi perbaikan yang perlu dilakukan dalam sistem kurikulum ini,” ujarnya.

Selain itu, Yuli, S. Pd.I selaku Kepala MTs N 6 Mukomuko menyambut baik hal tersebut. Dengan adanya Monitoring langsung tim IKM dapat memberikan masukan dan evaluasi sehingga implementasi Kurikulum Merdeka ini dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan ketentuan pada Kementerian Agama.

“Saya ucapakan terimakasih atas masukan dan evaluasi dari tim IKM Kanwil, semoga tahun ajaran 2024/2025 ini MTsN 6 Mukomuko dapat melaksanakan Kurikulum Merdeka denngan lebih baik sesuai dengan petunjuk dan arahan dengan tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku pada Kementerian Agama,” ungkap Yuli. [Wiwik]


TERKAIT

Berita LAINNYA