BIMLUH , PAI Curup Timur Sampaikan Adab Membaca Al-Qur'an

REJANG LEBONG (HUMAS) ---- Rutinitas Bimbingan Penyuluhan kepada Majelis Taklim terus digencarkan oleh para penyuluh dalam rangka mensukseskan program Kementerian Agama Republik Indonesia ini, Reli Kusmanto, S.Pd.I ( PAI Curup Timur ) rutin melaksanakan penyuluhan kepada majelis taklim binaannya yang berada di kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur yaitu majelis taklim Riyadhussholihin ( 30/08 ).

Dalam agenda penyuluhan yang dihadiri kurang lebih 20 orang anggota majelis taklim pada  setiap Jum'at tersebut, Reli Kusmanto menyampaikan materi tentang Adab Membaca Al-Qur'an.

Reli menyampaikan pentingnya adab Membaca Al-Qur'an karena Al-Qur'an merupakan Kalam/ Firman Allah SWT yang suci, diantara Adab - Adab Membaca Al-Qur'an antara lain :

1- Hendaklah yang membaca Al-Qur’an berniat ikhlas, mengharapkan ridha Allah, bukan cari pujian.

2- Disunnahkan membaca Al-Qur’an dalam keadaan mulut yang bersih. 

3- Disunnahkan membaca Al-Qur’an dalam keadaan suci.

4- Mengambil tempat yang bersih untuk membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, para ulama sangat anjurkan membaca Al-Qur’an di masjid.

5- Menghadap kiblat ketika membaca Al-Qur’an.

6- Memulai membaca Al-Qur’an dengan membaca ta’awudz.

7- Membaca “bismillahir rahmanir rahim” di setiap awal surat selain surat Bara’ah (surat At-taubah)

8- Hendaknya ketika membaca Al-Qur’an dalam keadaan khusyu’ dan berusaha untuk mentadabbur (merenungkan) setiap ayat yang dibaca.

Dengan menerapkan Adab - adab tersebut dalam membaca Alquran Insyaallah akan bertambah keberkahan serta menambah kekhusyukan dalam membaca ayat - Ayat Allah SWT. ( Reli )

 


TERKAIT

Berita LAINNYA