MANAJEMEN PERUBAHAN (RB)

A. Tim Reformasi Birokrasi (2%)

1. 

Membentuk Tim Kelompok Kerja (Pokja) dengan menentukananggota tim yang terdiri dari delapan area perubahan reformasi birokrasi.

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

2.

Menyusun dokumen rencana program reformasi birokrasi yangmemuat target prioritas yang relevan

 

2020

  • Rencana Kerja RB Jangka Panjang (on proses)
  • Rencana Kerja RB Tahun 2020  (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

3.

Melakukan rapat koordinasi teknis terkait dengan kendala dan rekomendasi pelaksanaan reformasi birokrasi

 

2020

  •  Dokumen Rakor RB Tahun 2020 (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

4.

Melakukan Reviu dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi

 

2020

  •  Laporan Evaluasi Program RB  (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

B. Agen Perubahan (3.5%)

1.

Pembentukan Agen Perubahan untuk menggerakkan organisasidalam melakukan perubahan secara berkelanjutan

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

2.

Implementasi Pedoman Agen Perubahan ke seluruh Unit Kerja

 

2020

  • Pemilihan Agen Perubahan sampai dengan Kab/Kota (on proses)
  • Dokumen Sosialisasi KMA No. 504 Tahun 2018 (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

3.

Melakukan pemahaman tugas dan fungsi Agen Perubahan padasatuan kerja dalam bentuk sosialisasi.

 

2020

  •  Dokumen/Materi Sosialisasi Tugas dan Fungsi Agen Perubahan (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

4.

Melakukan pengembangan kapasitas Agen Perubahan ReformasiBirokrasi melalui berbagai pelatihan, misalnya pelatihan agenperubahan, pemberian consulting, coaching and training sertaknowledge sharing yang mendukung peningkatan efektifitasorganisasi.

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

5.

Memberdayakan Agen Perubahan terpilih dalam mencari solusipermasalahan yang ada dengan membuat rekapitulasi permasalahandan rekomendasi/solusi dan disampaikan kepada pimpinan.

 

2020

  •  Laporan Permasalahan dan Solusi Permasalahan dari Agen Perubahan (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

6.

Mengevaluasi kinerja Agen Perubahan secara berkala (per tahun) terkait dengan inovasi yang sudah direncanakan sampai progres dancapaiannya.

 

2020

  •  Laporan Evaluasi Program Kerja Agen Perubahan (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

7.

Memberikan apresiasi/penghargaan kepada agen perubahan yang mencapai target perubahannya (bentuk penghargaan dapat ditentukan oleh satker masing-masing)

 

2020

 

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

C. Nilai-Nilai Organisasi (2.5%

1.

Peningkatan keterlibatan aktif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dari unsur pimpinan tertinggi sampai seluruh pegawai dari semua tingkatan (pegawai PNS dan Non PNS). Kegiatan dapat dilakukan seperti penyelenggaraan pertemuan rutin yang dipimpin oleh pimpinan tertinggi.

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

2.

Melakukan pengembangan pendidikan dan pelatihan pegawai berbasis kompetensi yang inovatif serta responsif terhadapperkembangan zaman dan kondisi kebutuhan instansi dalam melakukan perubahan culture and mind set berbasiskompetensi/pendiklatan

 

2020

  •  Dokumen Alumni Peserta Diklat dan Implementasinya pada satuan kerja (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

3.

Pencanangan dan sosialisasi budaya kerja positif KementerianAgama.

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

4.

Internalisasi Budaya Kerja Positif Kementerian Agama kepada seluruh pegawai dalam bentuk kegiatan maupun media lainny

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

5.

Melakukan pembinaan netralitas ASN Kementerian Agama untuk bekerja profesional

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

D. Media Komunikasi Reformasi Birokrasi (1%)

1.

Melakukan public campaign yang terkait dengan reformasi birokrasi dengan memanfaatkan media komunikasi seperti website, infografis,banner, poster, booklet atau buku saku, dan lain-lain.

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

2.

Melakukan updating informasi terkini dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

E. Rencana Program Reformasi Birokrasi (3%)

1.

Sosialisasi dan internalisasi Rencana Program Reformasi Birokrasi kepada seluruh anggota organisasi yang memuat program dan kegiatan yang mendukung delapan Area Perubahan Reformasi Birokrasi.

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

2.

Menurunkan Rencana Program Reformasi Birokrasi dalam bentuk rencana aksi tindak lanjut (dalam bentuk kegiatan-kegiatan).

 

2020

  •  Dokumentasi Rencana Kerja Reformasi Birokrasi (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

3.

Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi yang melibatkan seluruh anggota organisasi pada setiap area perubahan

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

4.

Membuat rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaanProgram Reformasi Birokrasi secara berkala (minimal per semester

 

2020

  •  Rekomendasi Capaian RB Semester 2 Tahun 2020 (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

5.

Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi secara berkala (minimal per semester)

 

2020

  •  Laporan Evaluasi Program RB Semester 2 Tahun 2020 (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

6.

Membuat laporan tahunan capaian dan kendala pelaksanaan reformasi birokrasi pada setiap tahunnya berdasarkan hasil monev

 

2020

  •  Laporan Capaian RB Tahun 2020 (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

Sumber: Subbag Ortala dan KUB