Sosialisasi Pencegahan Stunting Dalam Perspektif Islam Oleh PAI KUA Kecamatan Air Periukan

Seluma (Humas) - Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan Nikma Nur Rohma, S.H.I melaksanakan kegiatan bimbingan dan penyuluhan tentang pencegahan stunting kepada ibu-ibu majelis taklim Al-Iman, Jum'at 24 Mei 2024

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur'an, pembacaan sholawat nabi dengan membaca ayat-ayat yang secara tematik relevan dengan pencegahan stunting.

Dalam Hal ini Nikma menguraikan makna dan kandungan ayat yang disertai dengan fakta-fakta empiris tentang bagaimana membangun generasi kuat dalam perspektif Islam.

Nikma dalam tausiyahnya menjelaskan bahwa stunting kini menjadi salah satu program prioritas dan sedang di galakkan oleh pemerintah karena merupakan masalah gizi kronis yang timbul akibat kurangnya asupan gizi secara berkelanjutan, yang pada gilirannya mengganggu pertumbuhan anak.

Dalam pandangan Islam, pencegahan stunting dianggap sebagai tanggung jawab penting yang harus diemban oleh masyarakat muslim, sejalan dengan perintah Allah yang mengajarkan untuk tidak menjadi kaum yang lemah, sebagaimana tertuang dalam QS. An-Nisa ayat 9.

Nikma menambahkan bahwa terdapat dua faktor penyebab utama stunting, yaitu kurangnya asupan makanan bergizi dan lingkungan yang tidak bersih.

Menurutnya, makanan bergizi adalah makanan yang memenuhi prinsip 4 sehat 5 sempurna, sementara dalam Islam, makanan yang dianjurkan adalah Halalan Thoyyibah (QS. Al-Baqarah:168).

Kebersihan lingkungan juga sangat ditekankan dalam Islam, karena Allah SWT menyukai orang yang bersuci atau bersih (QS. Al-Baqarah: 222), dan kebersihan juga merupakan bagian dari iman, terdapat juga dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 233, dijelaskan bahwa ibu diperintahkan untuk menyusui anaknya selama dua tahun penuh. Kata kunci kedua, Allah Swt. tidak pernah membebani hambanya melainkan menurut kadar kesanggupannya.

Harun, S.Ag., M.H Selaku Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan Juga Menghimbau dan Diharapkan dengan upaya ini, angka stunting dapat berkurang dan generasi muda dapat tumbuh dengan sehat, kuat, dan cerdas sesuai dengan ajaran Islam yang menekankan kekuatan dan keberkahan, "Ungkapnya"(Naf/Nnr)


TERKAIT

Berita LAINNYA