Puskesmas Tumbu'an Bagikan Obat Cacing Ke Siswa Siswi MIN 3 Seluma

Seluma ( Humas )  – Dalam upaya meningkatkan kesehatan anak-anak, MIN 3 Seluma bekerjasama dengan Puskesmas Tumbu'an melaksanakan program pemberian obat cacing kepada siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Seluma ( 28/05/2024 ). Program ini merupakan bagian dari program pemerintah yang bertujuan untuk menurunkan angka penyakit cacingan pada anak usia prasekolah dan sekolah.

Pemberian obat cacing dilakukan oleh petugas puskesmas bahwa  Menurutnya, program ini sangat penting untuk mencegah penyakit cacingan yang bisa mengganggu kesehatan siswa " Idealnya, pemberian obat cacing dilakukan satu tahun
dua kali atau enam bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk membebaskan atau menurunkan angka penyakit kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah melalui pemberian obat cacing terintegrasi ".Ungkapnya.

Obat cacing atau antihelmintik bekerja dengan melumpuhkan saraf dan otot cacing, menghambat penyerapan nutrisi pada tubuh cacing, atau mencegah reproduksi cacing dewasa " Cara kerja obat ini menyebabkan cacing tidak dapat tumbuh dan berkembang biak, kemudian mati dan terbawa keluar bersama tinja."

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Seluma, Mustani, S.Pd, menyambut baik program tersebut. Menurutnya, upaya pencegahan penyakit merupakan langkah yang sangat penting dalam menjaga kesehatan anak-anak. " Kami sangat berterima kasih kepada Puskesmas Tumbu'an  yang telah melaksanakan program ini. Semoga dengan adanya pemberian obat cacing ini, anak-anak kami dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh cacing." Ujar Mustani.

Program pemberian obat cacing ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kesehatan generasi muda, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal tanpa terganggu oleh penyakit yang dapat dicegah. Sehingga para siswa dapat focus dan giat dalam belajar mengejar cita-cita serta berprestasi. (Eka/Benny. S)


TERKAIT

Berita LAINNYA